• Selasa, 5 Juli 2022

Migrasi TV Digital, Dapatkan Banyak Manfaat, Salah Satunya Fitur Parental Lock

- Jumat, 24 Juni 2022 | 09:00 WIB
Migrasi TV Digital, Dapatkan Banyak Manfaat, Salah Satunya Fitur Parental Lock. (Pixabay.com)
Migrasi TV Digital, Dapatkan Banyak Manfaat, Salah Satunya Fitur Parental Lock. (Pixabay.com)

SMOL.ID - Pemerintah melalui Kominfo terus menggencarkan peralihan siaran TV Analog ke siaran TV digital melalui program Analog Switch Off (ASO).

ASO dilakukan dengan beberapa tahap, tahap pertama dilakukan pada 30 April 2022. Dilanjutkan tahap kedua pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan masyarakat apabila migrasi ke TV digital salah satunya adalah mendapatkan fitur kontrol orang tua (parental lock).

Baca Juga: Migrasi TV Digital, Masyarakat Tidak Perlu Ganti Televisi, Cukup Gunakan Ini

Orang tua tak perlu cemas terhadap tayangan di TV digital, tayangan ramah anak bisa dikontrol.

Geryantika Kurnia selaku Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjelaskan fitur parental lock ini menggunakan teknologi electronic program guidance (EPG).

Orang tua tidak perlu khawatir ketika anak-anak secara tidak disengaja melihat tayangan-tayangan yang masuk kategori tidak layak ditonton kalangan usia dini.

“Jadi orang tua lihat dulu EPG dan lihat apakah acara televisi cocok atau tidak dengan anak. Kalau dirasa tidak cocok tinggal di-lock (dikunci),” ungkapnya.

Sementara Hardly Stefano Fenelon Pariela selaku Komisioner Bidang Kelembagaan KPI Pusat, mengatakan adanya program ASO membawa angin segar untuk menyeleksi tontonan ramah anak melalui fitur Electronic Program Guide (EPG).

Kelebihan fitur EPG pada siaran TV digital ini dapat membantu mengontrol, menyeleksi dan memilih tayangan apa saja yang hendak ditonton anggota keluarga. Menjadikan tayangan televisi lebih ramah terutama untuk anak-anak.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X