Optimalkan UMKM Mahasiswa KKN UIN Adakan Seminar Digital Marketing

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:54 WIB
FOTO BERSAMA : Tim KKN UIN Walisongo foto bersama dengan masyarakat pemilik UMKM di Kelurahan Sembungharjo semarang usai seminar digital.
FOTO BERSAMA : Tim KKN UIN Walisongo foto bersama dengan masyarakat pemilik UMKM di Kelurahan Sembungharjo semarang usai seminar digital.

SMOL.ID – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Angkatan 79 Posko 15 mengadakan Seminar Digital Marketing bertema "Peran Digital Marketing dalam Menunjang Kinerja UMKM" belum lama ini di Balai Kelurahan Sembungharjo.

Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memasarkan produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Seminar marketing sebelumnya sudah pernah ada, harapannya masyarakat bisa lebih mengembangkan. Tujuannya peningkatan pengembangan produktivitas kemasyarakatan terlebih dari produk lokal Sembungharjo" kata Kepala Kelurahan Sembungharjo Sumarjono.

Sumarjono juga memberikan motivasi agar masyarakat semangat melakukan perbaikan dan menyempurnakan proses marketing ini.

Baca Juga: KPI UIN Walisongo Adakan Diskusi Kerjasama, Dubes Amerika: Ajukan Proposal, Kami Siapkan Dana dan Narasumber

"Harus semangat membuat perbaikan dan kesempurnaan. Harapannya yang sudah punya UMKM tidak terbatas di kios ataupun toko, namun juga dikembangkan melalui sosial media" tambah Sumarjono.

Salah satu pembicara Syaiful Bakhri menjelaskan kondisi terkini Indonesia terlebih dalam bidang pemasaran. Pemasaran yang dihasilkan lebih merujuk pada produk daripada jasa.

"Di Indonesia banyak yang menjual produk daripada jasa. Belum seimbang, padahal jasa tersebut menarik dengan hasil harga yang lebih tinggi. Di luar negeri banyak yang menghasilkan jasa dengan penghasilan lebih tinggi'' tegas Saiful.

Akhir-akhir ini warganet juga ramai mengkaji marketing offline dan online. Saiful juga membandingkan keduanya dengan diskusi interaktif bersama masyarakat Sembungharjo.

''Biasanya marketing offline butuh sewa tempat dan terbatas informasinya sedangkan online lebih sederhana dengan menyiapkan ikllan yang menarik, namun semua penjuru bisa mendapatkan informasi" jelas Saiful. Dia memberikan kiat-kiat untuk memulai marketing online dimulai dari mengarahkan masyarakat untuk mendaftar UMKM ke media sosial contohnya google maps, Instagram, go food dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bantu Tingkatkan Kualitas dan Harga Jual, KKN UIN Walisongo Gelar Sosialisasi Budidaya Lele di Gebangsari

"Dunia sekarang terhubung dengan perangkat. Adanya google maps bisa membantu konsumen untuk membeli dagangan,’’ Dosen UIN Walisongo itu.

"Tak jarang juga ada yang membuat affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan upaya pemasaran dengan memberikan komisi bagi orang yang bisa memasarkan produknya,’’ katanya.

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

X