SMOL.ID - Berikut ini merupakan contoh soal Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP yang terdiri dari soal pilihan ganda dengan kunci jawaban.
Siswa-siswi dapat mengerjakan soal Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dibawah sebagai persiapan UAS SAS mendatang.
Dibawah ini telah tersedia contoh soal UAS PAS SAS Bahasa Indonesia kelas 9 SMP semester 1 untuk PAS nantinya.
Baca Juga: Prediksi Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Semester Ganjil, Soal UAS PAS dengan Kunci Jawaban
Adapun soal PAS Bahasa Indonesia ini dibuat dengan tujuan membantu para siswa-siswi belajar.
Kerjakan terlebih dahulu dengan kemampuan sendiri soal PAS Bahasa Indonesia untuk siswa-siswi kelas 9 SMP tanpa kunci jawaban.
Simak berikut Soal PAS Bahasa Indonesia untuk kelas 9 SMP dibawah berikut ini.
Baca Juga: Latihan Soal PAS UAS SAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Ganjil, Full Kisi-kisi dan Kunci Jawaban
1. Manusia dikaruniai satu mulut untuk berbicara secukupnya dan sebenarnya, serta dua telinga dan dua mata untuk banyak hal termasuk membenarkan apa yang ia ketahui, bukan untuk membenarkan apa yang ia tidak ketahui. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu menjaga ucapan dan perbuatan kita karena jika kita tidak menjaganya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.
Paragraf di atas termasuk dalam unsur teks eksemplum bagian?
a. Interpretasi
b. Insiden
c. Orientasi
d. Koda
Jawaban : A
2. Budi secara tiba-tiba menghantam kepala Amir dengan batu dari belakang dan terjadilah perkelahian yang cukup sengit sampai akhirnya Amir pingsan dan dibawa ke UKS oleh teman-temannya. Budi lalu dibawa ke ruang BK oleh guru karena kejadian tersebut, ia beralasan karena Amir telah mencuri uang Paimin. Paimin pun lalu dibawa ke ruang BK untuk dimintai keterangan, tak lama setelah Paimin masuk ke ruang BK tiba-tiba satpam sekolah datang ke ruang BK untuk menghantarkan uang saku yang dititipkan oleh orang tua Paimin ke satpam untuk diberikan ke Paimin karena ketinggalan. Amir menjelaskan kejadian yang sebenarnya kepada guru BK. Budi mukanya menjadi merah seketika karena malu telah menuduh orang seenaknya sendiri. Setelah urusan di ruang BK selesai ia segera menuju ruang UKS dan meminta maaf kepada Amir. Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian?
a. Interpretasi
b. Orientasi
c. Insiden
d. Koda
Jawaban : C
3. Kebohongan yang dilakukan anak itu telah merugikan dirinya sendiri. Ia terpaksa kehilangan domba karena
dimakan oleh serigala. Sendainya ia tidak membohongi orang kampung, tentu orang kampung akan datang membantu sehingga dombanya tidak dimakan serigala. Mereka tidak membantu karena tidak percaya pada teriakan minta tolong anak itu lagi. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh penulis?
a. Kejujuran sangat mahak harganya
b. Pembohong yang beruntung
c. Nasib yang malang
d. Berbohong membawa kesengsaraan
Jawaban : D
4. Pada suatu malam, Putri Tangguk dan suaminya sedang berbincang-bincang tentang masa depan keluarganya. Unsur kebahasaan yang terdapat pada kalimat di atas terdapat keterangan?
a. Keterangan waktu
b. Keterangan tempat
c. Keterangan cara
d. Keteranga tujuan
Jawaban : A
5. Seperti yang dia duga, orang-orang kampung yang mendengar teriakannya itu cepat-cepat meninggalkan pekerjaan mereka dan berlari ke arah anak gembala tersebut. Akan tetapi, mereka sangat terkejut karena tidak menemukan serigala dan melihat anak gembala yang berteriak itu tertawa terbahak-bahak. Kalimat di atas merupakan jenis kalimat?
a. Kalimat utama
b. Intra kalimat
c. Kalimat tunggal
d. Antar kalimat
Jawaban : D
6. Bacalah Paragraf berikut ini dengan seksama! Pengelola tempat wisata Curug Bersih memperkirakan ada sekitar 15 ribu pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini pada masa liburan anak sekolah tahun ini. Perkiraan ini dianggap tidak berlebihan karena membludaknya jumlah pengunjung yang datang pada musim liburan tahun lalu. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola akan menyiapkan beberapa macam hiburan, seperti pentas musik dan pertunjukan – pertunjukan seni lainnya.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ?
a. Membludaknya jumlah pengunjung di tempat wisata ini
b. Pengelola menyiapkan beberapa hiburan untuk menambah daya tarik tempat wisata ini
c. Pentas musik di tempat wisata Curug Bersih
d. Perkiraan jumlah pengunjung tempat wisata Curug bersih tahun ini
Jawaban : C
7. Bacalah paragraf berikut ini ! Menjelang berbuka puas jalanan menjadi sangat macet (1). Hal ini dikarenakan membludaknya jumlah para pengendara kendaraan bermotor (2). Kebanyakan dari mereka adalah para pemuda yang sedang ngabuburit atau menunggu berbuka puasa (3). Mereka menunggu waktu berbuka puasa dengan berkumpul bersama teman atau berbuka bersama (4). Sayangnya, hal ini malah menambah kemacetan jalan raya (5).
a. 1
b. 3
c. 2
d. 4
Jawaban : C
8. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Pak Jusuf mengeruk saku celananya, mengeluarkan dompet. Jemarinya merogoh, menjepit sesuatu keluar dari dalam dompet lalu mengacungkan ke muka: uang logam satu rupiah. Kemudian katanya, ”Bila saya bagikan kepada seluruh buruh dan karyawan yang bekerja waktu itu, Dik Najir, maka masing-masingnya cuma akan dapat segini. Tak lebih.”
Satu rupiah? Ia ternganga. Hanya satu rupiah?
Seperti tahu keheranannya, Pak Jusuf mengangguk. Lalu, iseng, Pak Jusuf melambungkan koin satu rupiah itu tinggi, nyaris menyentuh loteng. Ketika koin itu bergerak turun, ketika berada pada satu titik antara loteng dan tangan Pak Jusuf yang siap menyambut, ketika itulah… terjadi peristiwa itu! Peristiwa yang takkan bisa ia lupakan: koin itu berhenti, tertahan bagai mengambang. Semua tak bergerak, diam…. (Tujuh Puluh Lidah Emas, Cerpen Kompas 2015)
Sudut pandang yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut, yaitu ….
a. Orang pertama pelaku utama
b. Orang pertama pelaku sampingan
c. Orang ketiga serba tahu
d. Orang ketiga sebagai pengamat
Jawaban : C
9. Bacalah penggalan teks cerpen berikut!
“Pak Mustar, please, belum lima menit kan?” nafasku masih tersengal-sengal.
“Tetap terlambat,” cuek saja tangan kekar itu menggembok gerbang sekolah.
Upacara hari pertama pekan ini beliaulah inspektur upacaranya. Suaranya lantang menumpahkan nasihat menjelang kami menempuh ujian akhir. Tegasnya terkadang menjengkelkan, tapi memang semua pernyataan beliau benar adanya. Cukuplah aku dan teman-teman yang terlambat menikmati petuah beliau sambil berselonjor di luar gerbang sekolah. Betapa bangga yang bisa berbaris di lapangan sambil menyaksikan megahnya kibaran bendera dan tatapan tajam Pak Mustar! Aku benar-benar menyesal terlambat, hanya empat menit!
Cara penulis menggambarkan watak keras tokoh utama (Pak Mustar) dalam penggalan cerpen tersebut melalui...
a. Penggambaran lingkungan kehidupan tokoh
b. Penggambaran fisik dan perilaku tokoh itu sendiri
c. Penggambaran jalan pikiran tokoh tersebut
d. Penggambaran yang dilakukan oleh tokoh lain
Jawaban : D
10. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Pak Mustar, please, belum lima menit kan?” nafasku masih tersengal-sengal.
“Tetap terlambat,” cuek saja tangan kekar itu menggembok gerbang sekolah.
Upacara hari pertama pekan ini beliaulah inspektur upacaranya. Suaranya lantang menumpahkan nasihat menjelang kami menempuh ujian akhir. Tegasnya terkadang menjengkelkan, tapi memang semua pernyataan beliau benar adanya. Cukuplah aku dan teman-teman yang terlambat menikmati petuah beliau sambil berselonjor di luar gerbang sekolah. Betapa bangga yang bisa berbaris di lapangan sambil menyaksikan megahnya kibaran bendera dan tatapan tajam Pak Mustar! Aku benar-benar menyesal terlambat, hanya empat menit!
Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
a. Pagi hari, di dalam kelas, susah
b. Pagi hari, di pintu, sengsara
c. Pagi hari, di lapangan, sedih
d. Pagi hari, di sekolah, kesal
Jawaban : D
11. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Kamu sakit?” tanyanya sambil menyodorkan permen coklat.
Aku menggeleng.
“Yakin? Kamu pucat. Keringatmu …,” Erlinda menyodoriku minyak angin.
“Aku baik-baik saja,” kutolak halus.
Ternyata dia tidak peduli dengan penolakanku. Dengan cekatan digosok-gosokkan minyak angin itu di tempat-tempat yang tepat. Byar….Pusingku berangsur-angsur hilang, mualku terusir aroma mentol minyak angin itu. Begitu mendengar aku bersendawa, Erlinda meninggalkanku. Minyak angin terus kuhirup. Enak aromanya. Tapi sumpah, aku benar-benar tidak menyukainya, dia terlalu berisik.
“Rima, habiskan teh hangat ini,”perintahnya persis cara ibuku saat aku sakit.
Tanpa menunggu lama kuteguk habis teh hangat itu. Gelas diambilnya, dia berlalu tanpa ucap.
Ketika aku kembali ke kelas, seperti biasa dia banyak bicara. Dia tampaknya sudah lupa kalau tadi menolongku. Ternyata dengan aku pun dia berlaku sama, membantu tanpa peduli bagaimana sikap yang ditolongnya kepada dirinya. Tampaknya hal seperti itu spontanitas dalam hidupnya. Apakah ketidaksukaanku kepadanya cukup beralasan?
Konflik pada cerita tersebut yaitu …
a. Konflik fisik karena kebencian Erlinda
b. Konflik ide antara Erlinda dan Rima
c. Konflik internal dalam diri Rima
d. Konflik sosial antar teman sekelas
Jawaban : C
12. Bacalah Paragraf berikut ini dengan seksama! Pengelola tempat wisata Curug Bersih memperkirakan ada sekitar 15 ribu pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini pada masa liburan anak sekolah tahun ini. Perkiraan ini dianggap tidak berlebihan karena membludaknya jumlah pengunjung yang datang pada musim liburan tahun lalu. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola akan menyiapkan beberapa macam hiburan, seperti pentas musik dan pertunjukan – pertunjukan seni lainnya.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ?
a. Ba
b. Ab
c. Ca
d. Ca
Jawaban : B
Demikianlah artikel contoh soal UAS PAS SAS Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dengan kunci jawaban.* * *
Artikel Terkait
Kumpulan Soal SAS Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Kumpulan Soal PAS Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2022
Latihan Soal PAS IPA Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 Tahun 2022 dan Kunci Jawaban, Soal PKN UAS Tema 2 Kelas 6
Latihan Soal PAS PKN Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 Tahun 2022 dan Kunci Jawaban, Soal UAS PKN Tema 2 Kelas 6
Kumpulan Soal PAS Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 Tahun 2022 dan Kunci Jawaban, Soal UAS SBDP Tema 2 Kelas 6
Latihan Soal PAS Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 Tahun 2022 dan Kunci Jawaban, Soal UAS IPS Tema 2 Kelas 6
Kumpulan Soal PAS Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 Tahun 2022 dan Kunci Jawaban, Soal UAS Bahasa Indonesia Tema 2
Kumpulan Soal SAS IPAS Kelas 4 SD Semester 1 Tahun 2022 dan Kunci Jawaban, Soal PAS IPAS Kelas 4
Latihan Soal PAS UAS SAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Ganjil, Full Kisi-kisi dan Kunci Jawaban
Prediksi Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Semester Ganjil, Soal UAS PAS dengan Kunci Jawaban