• Kamis, 27 Januari 2022

Faktor Penyebab Kelelahan saat Mengemudi dan Cara Mengatasinya

- Jumat, 5 November 2021 | 07:41 WIB
Faktor Penyebab Kelelahan saat Mengemudi dan Cara Mengatasinya (Ilustrasi Antara)
Faktor Penyebab Kelelahan saat Mengemudi dan Cara Mengatasinya (Ilustrasi Antara)

SMOL.ID - Fakta menunjukkan risiko kecelakaan meningkat 20 kali lipat saat seorang pengendara berada dalam kondisi kelelahan. Seperti juga yang dialami Tubagus Joddy, pengemudi mobil artis Vanessa Angel yang mengalami kecelakaan di Tol Jombang - Mojokerto (Jomo) kemarin.

Diduga sopir mengantuk saat mengendarai mobil sehingga kehilangan kosentrasi. Penyebab rasa kantuk itu sendiri disebabkan oleh kelelahan.

Akibat kejadian tersebut, Vanessa Angel dan suaminya, Febri Ardiansyah (Bibi) harus meregang nyawa, karena mobil terhempas dan terpelanting.

Dari persoalan risiko membahayakan itulah, sangat disarankan untuk tidak mengemudikan mobil saat kondisi sedang tidak fit dan kelelahan.

Baca Juga: Tiba di Jakarta Subuh, Jenazah Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan Jam 9 di Taman Malaka


Dikutip dari laman nissan.co.id, inilah fakktor penyebab orang mengalami kelelahan dan cara mengatasi kelelahan saat berkendaraan. Simak informasinya:


1. Bahaya Kelelahan Saat Berkendara

Kelelahan adalah salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi di jalan raya. Hal ini mampu menyebabkan seseorang kehilangan kewaspadaan serta mengantuk dan tertidur ketika berkendara.

Selain itu, penilaian terhadap kondisi sekitar serta kemampuan berkendara jadi menurun drastis. Belum lagi lambannya pengambilan keputusan pada saat melaju.

Dari akibat-akibat tersebut, sudah jelas bahwa kelelahan bisa jadi penyebab kecelakaan yang fatal. Bahkan, risiko kecelakaan seorang pengendara yang mengalami kecelakaan semakin meningkat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan pengendara berkesadaran penuh.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Sumber: Nissan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT HMD Luncurkan myHyundai Indonesia

Rabu, 8 Desember 2021 | 18:54 WIB

Kehadiran Xpander Merubah Pasar Mobil di Jateng dan DIY

Selasa, 16 November 2021 | 11:20 WIB
X