• Jumat, 21 Januari 2022

Proyek Tol Solo - Yogyakarta - Bandara YIA Kulon Progo Mulai Digarap

- Jumat, 24 September 2021 | 18:23 WIB
Proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo.  (ANTARA/HO-Kementerian PUPR)
Proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo. (ANTARA/HO-Kementerian PUPR)

SMOL.ID - Proyek pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 96,57 km mulai digarap.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Badan Usaha Jalan tol (BUJT) telah memulai pembangunan jalan tol tersebut.

Dia menjelaskan, pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo terdiri atas tiga seksi, yakni;

-Seksi I menghubungkan Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,37 km. Seksi I yang saat ini sudah dalam tahap konstruksi dengan progres fisik 2,07 persen.

Baca Juga: Mahfud Klaim Praktik Pungutan Liar Berkurang Berkat Satgas Saber Pungli

Pembangunannya dilaksanakan kontraktor pelaksana PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan target Paket 1.1 Solo-Klaten selesai September 2022.

-Seksi II Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 km.

-Seksi III Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai 2024.

"Secara keseluruhan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo memiliki sembilan simpang susun yang berada di sepanjang wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta," jelas Menteri Basuki, di Jakarta, Jumat 24 September 2021.

Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) BUJT bersama PT Jogjasolo Marga Makmur dengan biaya investasi Rp26,63 triliun dan masa konsesi 40 tahun.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

X