• Kamis, 27 Januari 2022

Jangan Hanya Jadi Tukang Gali, Jokowi Minta Indonesia Setop Ekspor Bahan Mentah Nikel

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)  (Foto Antara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto Antara)

SMOL.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua komoditas sumber daya alam Indonesia khususnya sektor tambang mengalami proses hilirisasi. Menurutnya, potensi tambang di Indonesia sangat besar sehingga harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memberikan nilai tambah. 

Besarnya potensi tambang tersebut, Jokowi meminta tidak ada lagi ekspor tambang dalam bentuk bahan mentah atau raw material, baik itu nikel, bauksit maupun tembaga.

“Jangan ekspor lagi yang namanya nikel dalam bentuk raw material, bahan mentah. Setop ekspor bahan mentah,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada peserta Program Pendidikan Lemhanas di Istana Negara, Jakarta, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Indonesia Buka Penerbangan Internasional 14 Oktober, Warga dari 18 Negara Ini Diizinkan Masuk

"Kalau tambang ya kita jangan menjadi hanya tukang gali saja, anugerah yang diberikan Allah kepada kita betul-betul sangat luar biasa besarnya," tukasnya.

Jokowi mengatakan, Indonesia tidak akan mendapat nilai tambah jika hanya mengekspor bahan mentah. Padahal, pendapatan negara salah satunya dihasilkan dari sektor tersebut. Ia mencontohkan potensi pemanfaatan nikel.

Nikel merupakan komoditas bahan baku yang dapat diolah menjadi katoda baterai, besi antikarat dan juga baterai litium, yang merupakan komponen penting dalam struktur industri otomotif, termasuk manufaktur mobil listrik.

Sumber daya tersebut selanjutnya diintegrasikan dengan industri otomotif.

Pemanfaatan itu, kata Jokowi, membuka kesempatan bagi RI untuk mengembangkan industri mobil listrik dan menyumbangkan pendapatan dalam negeri.

“Inilah sebuah kesempatan, jangan sampai kita nanti kehilangan kesempatan. Dulu ada booming (lonjakan harga) minyak kita kehilangan, booming kayu kita kehilangan. Ini (nikel) tidak. Minerba harus menjadi sebuah fondasi dalam rangka memajukan negara kita,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

X