• Kamis, 27 Januari 2022

Kereta LRT Jabodebek Kecelakaan, INKA Lakukan Investigasi Cari Tahu Penyebabnya

- Sabtu, 6 November 2021 | 09:14 WIB
Kereta LRT Jabodebek Kecelakaan, INKA Lakukan Investigasi Cari Tahu Penyebabnya (Foto Antara)
Kereta LRT Jabodebek Kecelakaan, INKA Lakukan Investigasi Cari Tahu Penyebabnya (Foto Antara)

SMOL.ID - PT INKA (Persero) melakukan proses investigasi terhadap kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang mengalami kecelakaan di ruas Cibubur-TMII, Jakarta.

Diperluka waktu maksimal dua minggu untuk menginvestaigasi penyebab kecelakan tersebut.

"Kami investigasi dulu. Kemungkinan perlu waktu satu sampai dua minggu. Kalau perbaikan tergantung dari komponen yang rusak," ujar Senior Manager PKBL, CSR dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto kepada wartawan di Madiun, Jumat, 5 November2021.

Enam kereta atau satu trainset rangkaian LRT Jabodebek yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan di lintasan LRT Cibubur tersebut telah dievakuasi. Saat ini telah berada di PT INKA (Persero) Madiun untuk diteliti.

Baca Juga: Disorot Amerika Serikat, Indonesia Negara Paling Banyak Peredaran Barang Palsu

Setibanya di Madiun, LRT langsung dibongkar kemudian petugas menginvestigasi komponen kereta yang mengalami kerusakan untuk dilakukan penggantian.

"Jika yang rusak banyak dan kalau ada komponen yang impor, tentunya lebih lama. Tapi kita lakukan percepatan sehingga target operasi tetap seperti yang direncakan yaitu tahun 2022," jelasnya.

Bambang menuturkan, perbaikan LRT yang mengalami kecelakaan itu dilakukan di dua tempat. Yakni jika kerusakannya tidak terlalu parah, perbaikan kereta akan dilakukan di Jakarta. Namun jika kerusakannya parah akan dikirim ke PT INKA di Madiun.

Lebih lanjut dikatakannya, manajemen PT INKA tidak membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi dan perbaikan tersebut. Hal itu berbeda saat proses evakuasi dari Jakarta.

Baca Juga: 89,1% Penduduk Indonesia Minum Air Tercemar Bakteri E-coli

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X