• Kamis, 27 Januari 2022

Jasa Raharja Pastikan Tidak Memberi Santunan untuk Ahli Waris Vanessa Angel dan Bibi, Ini Alasannya  

- Minggu, 7 November 2021 | 06:52 WIB
Jasa Raharja pastikan tidak memberikan santunan kepada ahli waris Vanessa Angel dan Bibi ((ANTARA Jatim/HO-/WI))
Jasa Raharja pastikan tidak memberikan santunan kepada ahli waris Vanessa Angel dan Bibi ((ANTARA Jatim/HO-/WI))

 

SMOL.ID - PT Jasa Raharja memastikan tidak memberikan santuan untuk ahli waris Vanessa Angel maupun suaminya Febri Ardiansyah (Bibi) yang tewas dalam kecelakaan di Tol Jombang - Mojokerto (Jomo), Jawa Timur (Jatim).

Alasannya, karena kecelakaan menewaskan dua orang dan tiga mengalami luka - luka itu tunggal.

Meski Vanessa Angel maupun Bibi telah membayar premi asuransi melalui sumbangan wajib dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),  santunan tetap tak bisa diberikan karena tidak memenuhi syarat yang diatur dalam Undang - Undang.

Baca Juga: Pengakuan Sopir Vanessa Angel: Main HP hingga Ngebut 120 Kilometer Per Jam Sebelum Kecelakaan

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono menyatakan santunan itu tak diberikan karena tidak diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“Berdasarkan laporan polisi Polres Jombang tanggal 4 November 2021, bahwa kronologis kasus kecelakaan tersebut merupakan kasus kecelakaan tunggal di mana kendaraan menabrak tiang beton pembatas jalan tol,” kata Achmad Purwanto, di Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

Pada Ayat (1) Pasal 4, UU No. 34 Tahun 1964, dinyatakan setiap orang yang menjadi korban mati/cacad tetap akibat kecelakaan yang disebabkan oleh alat angkutan lalu lintas jalan tersebut akan memberikan kerugian kepadanya atau kepada ahli warisnya sebesar jumlah yang ditentukan Peraturan Pemerintah (PP).

Hal ini diperkuat pasal 10 ayat 1 PP No. 18 Tahun 1965, yaitu setiap orang yang berada di luar alat angkutan lalu lintas jalan yang menimbulkan kecelakaan ialah yang menjadi korban akibat kecelakaan lalu lintas jalan tersebut.

Baca Juga: Masih Dirawat di RS Bhayangkara, Polisi Belum Periksa TJ Sopir Vanessa Angel

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X