• Selasa, 18 Januari 2022

Belum Mendapatkan Bansos? Berikut Cara Daftarkan Diri di DTKS dan Cek Status Melalui Link Kemensos

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:31 WIB
Belum Mendapatkan Bansos? Berikut Cara Daftarkan Diri di DTKS dan Cek Status Melalui Link cekbansos.kemensos.go.id  (Kemensos RI)
Belum Mendapatkan Bansos? Berikut Cara Daftarkan Diri di DTKS dan Cek Status Melalui Link cekbansos.kemensos.go.id (Kemensos RI)

SMOL.ID – Belum mendapatkan Bansos? Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan Bansos? Kali ini akan kami bagikan cara daftarkan diri kalian di DTKS

Selain itu, juga kami bagikan cara untuk cek status seseorang dalam DTKS maupun bansos melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Setelah terdaftar di DTKS kalian perlu untuk cek status melalui link cekbansos.kemensos.go.id, atau Aplikasi Cek Bansos maupun melalui Dinsos terkait dengan status DTKS.

Baca Juga: Anak SMP dan SMA Dapat Bantuan Bansos PKH 3,5 Juta Tanpa KIP: Begini Syarat dan Cara Daftarnya!

Nah sebelum itu, apasih DTKS itu?

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau sering dikenal dengan DTKS merupakan data induk yang berisi tentang data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Seorang penerima manfaat sangat wajib hukumnya untuk terdaftar di DTKS. Karena berdasarkan pada UU No.13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin dijelaskan bahwa program pemberdayaan dan bantuan sosial harus mengacu kepada data terpadu yang dikelola oleh Kementerian Sosial yang kini disebut sebagai DTKS.

Setelah terdaftar di DTKS kalian dapat diusulkan untuk menjadi program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusah maupun daerah.

Lalu, untuk terdaftar di DTKS kalian dapat ikuti cara dibawah ini:

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X