• Minggu, 25 September 2022

Digital Rupiah Segera Diluncurkan, Teknologi Blockchain Aset Kripto Bisa Jadi Pendukung

- Jumat, 29 Juli 2022 | 13:34 WIB
Ilustasi blockchain. (Pixabay/geralt)
Ilustasi blockchain. (Pixabay/geralt)

SMOL.ID –  Digital rupiah bakal segera diluncurkan, teknologi Blockchain yang digunakan aset kripto dengan sifat transparansi dan efisiensi bisa jadi teknologi yang mendukung perkembangan tersebut. 

Bank Indonesia mengumumkan akan segera meluncurkan Rupiah digital. Konsep mata uang digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC) ini memang pernah mencuat pada tahun 2021 dan kembali digaungkan beberapa hari yang lalu.

Ini dinilai merupakan langkah baik untuk literasi keuangan digital Indonesia. Terlebih lagi, saat ini dunia yang serba digital sudah memiliki peran sangat baik bagi masyarakat.

Baca Juga: Tiga Metode Analisa Teknikal Bitcoin Paling Ampuh Agar Cuan Mengalir, Indodax Saran Begini

Digital Rupiah Aset Kripto – Mesti Didukung Teknologi Tepat Guna

Mengenai digital rupiah dan aset kripto, keduanya hampir sama. Hanya saja rupiah digital merupakan alat pembayaran yang sah, sementara aset kripto adalah instrumen investasi. 

Hal ini juga didukung penuh oleh pelaku industri kripto, Indodax, berikut ulasannya:

1. Sinyal Baik Untuk Ekosistem Ekonomi Digital

Oscar Darmawan, CEO dari Indodax platform perdagangan kripto terpopuler di Indonesia mengatakan bahwa langkah penggunaan Rupiah digital merupakan sinyal baik untuk dapat meningkatkan ekosistem ekonomi digital, sehingga Indonesia tidak ketinggalan dari negara lain.

“Terlebih, fokus pembahasan pada G20 yaitu pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung keterlaksanaan ekonomi digital seperti Pembangunan infrastruktur, penentuan road map dan pemberian stimulus digitalisasi. Digitalisasi dalam sistem ekonomi tentu ada dengan harapan agar bisa memecahkan problematika yang selama ini terjadi. Terlebih juga mengurangi risiko dari penggunaan uang kertas,” kata Oscar Darmawan.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi: Tidak Ada Penghapusan Listrik Daya 450 VA!

Selasa, 20 September 2022 | 13:42 WIB
X