• Sabtu, 10 Desember 2022

KSP Disinyalir Jalankan Bisnis Pinjol, Kemenkumham Diminta Perketat Perizinan

- Sabtu, 17 September 2022 | 15:20 WIB
KSP Disinyalir Jalankan Bisnis Pinjol, Kemenkumham Diminta Perketat Perizinan (Ilustrasi)
KSP Disinyalir Jalankan Bisnis Pinjol, Kemenkumham Diminta Perketat Perizinan (Ilustrasi)

SMOL.ID - Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) makin marak. Parahnya, KSP diketahui kini menjalankan bisnis pinjaman online (pinjol).

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pun diminta untuk memperketat perizinan KSP. KPS telah berubah menjadi perusahaan pinjol berbadan hukum.

Pengawas Koperasi Ahli Madya Kementerian Koperasi dan UKM, Masyrifah mengatakan Kemenkumham sebaiknya memperketat izin pendirian KSP karena banyak ditemukan badan hukum KSP tetapi menjalankan bisnis pinjol ilegal.

"Karena sekarang semua izin (KSP) secara penuh dari Kemenkumham. Sehingga, banyak kecolongan dari sana," ujar Masyifah di Jakarta, Jumat 16 September 2022.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah, Jaminan dan Resmi OJK

Menurut dia, pihaknya telah menerima 32 pengaduan terkait KSP. Dari pemantauan di lapangan, setidaknya terdapat sembilan KSP berbadan hukum yang menjalankan bisnis pinjol ilegal. Salah satunya KSP Harpendiknas Tangerang.

Kemudian, KSP Sukses Inti Terdepan Indonesia, KSP Sumber Utomo Karimun Abadi, KSP Bintang Sejahtera Nusantara, KSP Dana Senja, KSP Orion Terapan Ergonomis, KSP Usaha Orion Era Dinamis, KSP Pulau Bidadari Indonesia, dan KSP Indocitra Sejahtera.

"Sementara lainnya setelah saya cek, semuanya fiktif. Kebanyakan ada alamat karena sewa kantor saja, tapi dalamnya kosong, tidak ada pengurusnya dan siapapun tidak bisa dihubungi,” ungkapnya.

Baca Juga: Kecanduan Judi Online dan Terjerat Pinjol, Sopir Pribadi di Semarang Ini Bobol ATM Majikan

Oleh karenanya, Masyrifah mengajak Dirjen AHU Kemenkumham untuk lebih memperkuat koordinasi bersama Kemenkop UKM dalam mengeluarkan izin atas pendirian KSP untuk mengantisipasi peredaran KSP yang menjalankan bisnis pinjol ilegal.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X