• Kamis, 27 Januari 2022

Mengapa Harus Perempuan?

- Rabu, 29 September 2021 | 11:49 WIB

SMOL.ID - Mengapa harus perempuan yang selalu dituntut menjaga auratnya? Mengapa perempuan selalu salah? dan mengapa perempuan selalu diatur tentang pakaiaannya?

Kalis Mardiasih adalah salah satu pejuang hak perempuan yang gencar menulis tentang isu keperempuanan. Salah satu karyanya yang banyak dibaca adalah buku “Muslimah Yang Diperdebatkan”. Pada tahun ini buku tersebut sudah masuk cetakan keenam.

Dalam buku ini, Kalis menegaskan bahwa tidak ada yang berhak mengatur tubuh perempuan, pakaian perempuan karena itu adalah hak atas hidup perempuan itu sendiri.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila, Pilih Desain Paling Menaik

Tidak hanya terfokus pada pembahasan tentang muslimah, buku ketiga Kalis ini juga memaparkan kehidupan nyata dari perempuan yang tidak mendapatkan haknya dengan semestinya serta membahas tentang makna jilbab yang banyak disalahartikan.

Seperti dalam esai yang berjudul Tubuh Perempuan dan Penghormatan Kepada Hidup. Kalis menulis tentang banyaknya janda di kampungnya yang hamil diluar nikah. Mereka dipulangkan dari luar negeri karena disiksa dan dihamili oleh majikannya.

Banyaknya remaja perempuan yang juga hamil di luar nikah dan selalu disangkutpautkan dengan jilbab membuat Kalis merasa miris.

Kalis menegaskan bahwa jilbab tidak ada hubungannya dengan kesalihan seseorang. Sayangnya masyarakat menganggap bahwa perempuan berjilbab syar’i adalah yang paling solehah dan sebaliknya.

Salah satu esai yang juga menarik adalah mengenai kampanye anti pacaran yang bernama Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran. Di media sosial gerakan ini sudah mendapat banyak pengikut di Instagram sebanyak 940 ribu followers.

Gerakan ini mengaku sebagai gerakan dakwah yang bertujuan untuk menghapus pacaran di kalangan anak muda. Selain itu Indonesia Tanpa Pacaran juga gencar melaksanakan kelas parenting Islami dengan harga yang cukup fantastis.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Komposer dan Karya Musik Klasik yang Terkenal

Rabu, 26 Januari 2022 | 18:09 WIB

Metaverse, Teknologi Baru di Masa Depan

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:47 WIB
X