• Sabtu, 22 Januari 2022

Risma (Lagi)

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:00 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharini. (Instagram.com/@tri.rismaharini)
Menteri Sosial, Tri Rismaharini. (Instagram.com/@tri.rismaharini)


Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Pernah menonton film ‘’Anger Management’’? Film bergenre komedi ini menyajikan kisah yang lucu dari tokoh-tokoh yang punya problem dengan persoalan kemarahan. Ada tokoh bernama Dave (Adam Sandler), yang tidak bisa marah sama sekali. Bukan penyabar, tapi dia tidak bisa marah meskipun kepada orang yang paling dibenci dan membuatnya menderita. Ada juga Frank (Luis Guzman), yang keterlaluan emosinya, sampai marah-marah setiap saat kepada bawahannya, termasuk kepada Dave.

Dua karakter ini sama-sama punya kelainan psikologi dalam mengendalikan kemarahan. Lalu muncullah seorang ahli penyakit jiwa Dr Buddy (Jack Nicholson), yang menjadi konsultan untuk menyembuhkan penyakit Dave dan Frank yang bertolak belakang.

Terapi yang diberikan Dr. Buddy aneh dan unik, cenderung nyeleneh. Saking nyelenehnya sampai Dr. Buddy dikira tidak waras. Dari berbagai keanehan peran inilah muncul berbagai adegan kocak.

Dave sulit marah, sampai-sampai, Linda (Marisa Tomei) pacar Dave, marah karena tidak pernah dimarahi oleh Dave. Frank emosinya berlebihan dan keterlaluan. Setiap saat bisa saja meledak kemarahannya tanpa sebab, atau hanya karena sebab-sebab kecil. Dr Buddy yang ahli jiwa ternyata mirip ODGJ, orang gila. Tapi, dengan kegilaan itu Dr Buddy bisa menyembuhkan penyakit Dave dan Frank.

Dr Buddy hanya tokoh rekaan. Tapi, tokoh eksentrik seperti Dr Buddy ini perlu didatangkan ke Indonesia, untuk memberikan terapi Anger Management (mengelola kemarahan) kepada pejabat yang suka marah-marah berlebihan kepada bawahannya di depan umum.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, mungkin, harus mengikuti terapi ala Dr Buddy, karena ia terlihat punya problem serius dalam cara mengelola kemarahan. Sejak menjadi walikota Surabaya due periode, 2010 sampai 2020, dan ketika menjadi menteri sosial sampai sekarang, Risma sering gagal mengelola kemarahannya, sehingga emosinya meledak tak terkendali depan umum.

Kali ini Risma kembali viral di media sosial karena marah-marah. Ia tertangkap kamera memarahi seorang ASN (aparatur sipil negara) dalam sebuah kunjungan kerja di Gorontalo. Dalam sebuah pertemuan, Risma yang sedang memberi pengarahan, tiba-tiba bangkit dengan marah dan menghampiri ASN yang duduk di deretan kursi paling belakang.

Dalam video berdurasi 1,17 menit itu Risma berjalan setengah berlari kearah ASN sambil menudingkan remote pointers kearah ASN. Risma terdengar beteriak ‘’Tak tembak kamu’’. Risma juga terdengar berteriak mengusir, ‘’Keluar kamu’’.

Bukan itu saja, ketika sudah berada di depan ASN itu Risma masih menumpahkan kemarahan dengan suara keras. Sang ASN berdiri dari kursinya, tapi Risma dengan cepat mendorong dada ASN itu sampai terduduk lagi.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibu Kota Nusantara yang Tak Dirindukan

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:04 WIB

Sehari Bersama Artis Legendaris

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:26 WIB

Teror Varian Omicron dan Keajaiban Indonesia

Selasa, 4 Januari 2022 | 18:07 WIB
X