• Sabtu, 10 Desember 2022

9 Nilai Anti Korupsi yang Bisa Ditanamkan pada Generasi Muda Indonesia

- Jumat, 23 September 2022 | 16:15 WIB
Kesembilan nilai ini juga menjadi kiat membangun pemberdayaan diri sekaligus ini juga merupakan kiat membangun kekuatan diri (pixabay klimkin / 346 images)
Kesembilan nilai ini juga menjadi kiat membangun pemberdayaan diri sekaligus ini juga merupakan kiat membangun kekuatan diri (pixabay klimkin / 346 images)

SMOL.ID - Indonesia merupakan negara dengan kasus korupsi yang cukup tinggi, di mana korupsi yang merupakan suatu bentuk degradasi moral mencari kesenangan dan keuntungan pribadi tanpa memikirkan kerugian yang dirasakan banyak pihak.

Korupsi sebagai tindakan untuk secara diam-diam memberikan barang atau jasa kepada pihak ketiga untuk mempengaruhi tindakan tertentu yang menguntungkan koruptor, pihak ketiga, atau keduanya di mana digunakan kesewenangan jabatan.

Penyimpangan maupun penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan merupakan suatu bentuk dari lemahnya integritas pegawai, generasi muda, dan penyelenggara atau aparatur negara.  

Guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik,  maka ASN dan generasi muda dinilai menjadi tonggak sekaligus faKtor utama keberhasilan pemerintahan di Indonesia.

Baca Juga: Kiat Anti Korupsi dari Sudut Pandang Pendidikan Anti Korupsi

ASN dengan integritas, etika, dan pengabdian baik merupakan prasyarat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Langkah efektif untuk membangun sikap dan persepsi untuk secara efektif menghilangkan, atau setidaknya membendung korupsi ialah dengan Penguatan etika pejabat public dan integritasnya.

Apalagi dengan adanya integritas dan etika tersebut membantu terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.

Dengan demikian, peningkatan integritas maupun etika sangat penting untuk keberhasilan upaya antikorupsi.

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pondasi Anti Korupsi Petugas Pemasyarakatan

Jumat, 23 September 2022 | 17:25 WIB

Meningkatkan Integritas dan Etika Aparatur Sipil Negara

Jumat, 23 September 2022 | 16:20 WIB

Budaya Korupsi Lapas Merusak Generasi Baru

Jumat, 23 September 2022 | 06:44 WIB

Menyemai Perdamaian Wujudkan Kerukunan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:21 WIB

Makna Peringatan Kematian Yesus bagi Umat Manusia

Jumat, 15 April 2022 | 22:22 WIB
X