Tujuan Matematika Khusus di Sekolah Dasar

- Senin, 6 Februari 2023 | 21:11 WIB
Foto ilustrasi: iStock
Foto ilustrasi: iStock

Tujuan Matematika Khusus di Sekolah Dasar

Oleh: Iwan Muzaki dan Anwar Ardani, M.Pd.
(Mahasiswa dan Dosen Universitas Peradaban Bumiayu Brebes Prodi PGSD)

SMOL.ID - Pendidikan adalah modal dasar bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga manusia dituntut untuk terus berupaya mempelajari, memahami, dan menguasai berbagai macam disiplin ilmu untuk kemudian diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan.

Matematika sebagai ibu dari segala ilmu pengetahuan memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, Matematika memiliki tingkat urgensitas yang tinggi karena merupakan landasan awal bagi terciptanya sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas.

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan adalah matematika. Matematika adalah suatu bidang ilmu yang melatih penalaran supaya berfikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.

Mempelajarinya memerlukan cara sendiri karena matematika pun bersifat khas yaitu abstrak, konsisten,berfikir deduktif (Hudoyo,2005). Dikatakan juga bahwa matematika itu berkaitan dengan dengan konsep-konsep abstrak karena didalamnya berisi tentang ide atau gagasan, aturan, hubungan yang diatur secara logis.

Hal ini senada yang disampaikan dengan Sutawijaya (1997:176) bahwa matematika adalah suatu ilmu yang mengkaji benda abstrak dimana didalamnya terdapat konsep, aksioma, teorema yang melibatkan penggunaan simbol serta penalaran deduktif.

Baca Juga: Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Generasi Mendatang

Beberapa tujuan matematika, khusus di Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidiyah (MI) agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:  Menyiapkan siswa dalam menghadapi perubahan kehidupan dunia yang selalu berkembang melalui tindakan yang didasarkan atas pemikiran secara kritis, logis, rasional, cermat, jujur, efektifdan efisien, menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan berhitung sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.

Memahamkan siswa dalam konsep matematika, dan menjelaskan keterkaitan konsep tersebut serta mengaplikasikannya secara akurat, efisien, luwes, dan tepat, terutama dalam memecahkan kehidupan sehari-hari, Menumbuhkan kemampuan siswa dalam menggunakan penalaran, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika serta melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi.

Melatih siswa dalam menyelesaikan masalah yang meliputi kemampuan pemahaman masalah, perancangan model matematika, penyelesaian model dan mengecek kembali jawaban,Mengutarakan ide, gagasan dengan simbol, grafik, tabel, diagram, atau lain agar semakin komunikatif.

Menumbuhkan minat dalam mempelajari matematika, sehingga tertanam sikap dalam menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa perhatian, ingin tahu, serta sikap ulet, teliti percaya diri dalam pemecahan masalah.

Matematika itu menyenangkan. Maria Montessori pun menyatakan bahwa pada dasarnya anak-anak memiliki mathematical mind secara alami.

Mereka sangat mencintai Matematika karena Matematika dapat memberikan suatu hal yang pasti, dimana anak-anak secara alami memang menyukai sesuatu yang teratur dan pasti.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuan Matematika Khusus di Sekolah Dasar

Senin, 6 Februari 2023 | 21:11 WIB

Peran Majalah Sekolah sebagai Penguatan Berliterasi

Senin, 23 Januari 2023 | 06:20 WIB

Pendidikan di Era Society 5.0

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:26 WIB

Peran Teknologi dalam Pendidikan Masa Depan

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:19 WIB

Pesan Perdamaian dalam Natal

Sabtu, 24 Desember 2022 | 19:05 WIB

Kebiasaan Natal dan Kaitannya dengan Kelahiran Yesus

Sabtu, 24 Desember 2022 | 19:01 WIB

Pondasi Anti Korupsi Petugas Pemasyarakatan

Jumat, 23 September 2022 | 17:25 WIB

Meningkatkan Integritas dan Etika Aparatur Sipil Negara

Jumat, 23 September 2022 | 16:20 WIB
X