• Minggu, 23 Januari 2022

BPOM Musnahkan Obat Tradisional Berbahaya Senilai Rp21,5 M

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:56 WIB
BPOM Musnahkan Obat Tradisional Berbahaya Senilai Rp21,5 M (Ilustrasi Antara)
BPOM Musnahkan Obat Tradisional Berbahaya Senilai Rp21,5 M (Ilustrasi Antara)

SMOL.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memusnahkan ribuan obat tradisional diindikasi mengandung bahan kimia berbahaya. Selain obat tradisional berbahaya juga suplemen kesehatan dan kosmetik.

"Dilakukan pemusnahan produk dengan nilai keekonomian Rp21,5 miliar," kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI Reri Indriani dalam Konferensi Pers Public Warning Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik di Jakarta, Rabu, 13 Oktober 2021.

Baca Juga: BPOM Temukan 53 Obat Tradisional dan 18 Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Selain itu, dilakukan pula pembatalan 27 nomor izin edar terhadap produk-produk berbahaya. Dan sebanyak 69 perkara telah diproses secara pro-justitia.

Reri mengatakan, sebagai upaya perlindungan kesehatan masyarakat dari risiko keamanan produk obat tradisional, suplemen kesehatan dan kosmetik di peredaran, BPOM secara rutin melakukan kegiatan sampling dan pengujian produk serta pemantauan efek samping produk.

Baca Juga: BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Zifivax, Efikasi 81 Persen

Kegiatan sampling dan pengujian tersebut ditujukan untuk mengetahui apakah produk yang diproduksi, beredar dan dikonsumsi masyarakat membahayakan kesehatan atau tidak.

Sebab, bisa saja obat-obatan tersebut mengandung bahan kimia obat atau bahan dilarang atau bahan berbahaya yang tidak disetujui pada saat pendaftarannya.***

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

Simak! 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 29 Desember 2021 | 20:40 WIB

Simak! 5 Manfaat Minum Jus Wortel untuk Kesehatan

Rabu, 29 Desember 2021 | 20:39 WIB

Spinal Cord Injury, Apakah Bisa Menyebabkan Kematian?

Kamis, 16 Desember 2021 | 09:30 WIB
X