Saran Praktis Menjaga Pola Makan Sehat

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:54 WIB
Saran Praktis Menjaga Pola Makan Sehat (http://jw.org)
Saran Praktis Menjaga Pola Makan Sehat (http://jw.org)

SMOL.ID - Peryataan The State of Food Security and Nutrition in the World terbaru yang dirilis Organisasi Pangan dan Pertanian, tahun 2022 mengatakan, bahwa 17,7 juta penduduk di Indonesia mengalami kekurangan gizi.

Di sisi lain, menurut Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, satu dari lima orang dewasa mengalami kelebihan berat badan.

Masalah ini bukan hanya di Indonesia saja. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, bahwa ”semua negara di dunia menghadapi masalah malnutrisi”.

Masalah malnutrisi itu sendiri bukan hanya masalah kekurangan gizi, tapi juga kegemukan dan obesitas. Ketidakseimbangan gizi menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Rekening BCA Dibobol Tukang Becak di Surabaya, Begini Kronologinya

Gizi Seimbang

Menu makanan yang tidak seimbang telah menyebabkan banyak penyakit kronis. seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Bahkan gizi yang buruk telah menjadi penyebab langsung dari kematian. Maka agar tetap sehat, menu makanan harus memenuhi gizi yang seimbang.

Dr. Sentot Handoko, Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik, menyatakan bahwa menu gizi yang seimbang harus terdiri dari makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang dibutuhkan tubuh berdasarkan jenis kelamin, umur dan status kesehatan. (www.emc.id)

Baca Juga: Bukan karena Nikita Mirzani, Alasan Mengejutkan Antonio Dedola Jadi Mualaf Terungkap!

Seperti apa pola makan yang sehat dan seimbang itu? Artikel ”Tujuh Tips Agar Makanan Tetap Aman dan Sehat” di situs web jw.org memberikan beberapa saran agar pola makan tetap sehat.

Saran-saran tersebut di antaranya: Pertama, makanlah beragam buah dan sayur setiap hari. Buah dan sayur mengadung banyak vitamin, mineral, dan zat-zat penting lain yang diperlukan tubuh.

WHO mengatakan, bahwa tubuh kita membutuhkan setidaknya 400 gram buah dan sayur setiap hari. Ini tidak termasuk umbi-umbian, seperti kentang atau singkong.

Kedua, batasi konsumsi lemak dan minyak. WHO menyarankan agar kita membatasi makan makanan yang digoreng, makanan olahan, dan makanan yang dipanggang serta diproduksi secara massal, karena biasanya itu mengandung lemak yang tidak sehat.

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Saran Praktis Menjaga Pola Makan Sehat

Rabu, 25 Januari 2023 | 09:54 WIB

EQUALIZE, Slogan Hari AIDS Sedunia 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:31 WIB
X