• Selasa, 28 September 2021

Kenapa Shalat Terasa Berat? Ini Penjelasan Dr Amr Muhammad Khalid supaya Khusyuk

- Selasa, 14 September 2021 | 05:02 WIB
Dr Amr Muhammad Khalid, ulama dan motivator internasional dari Mesir.
Dr Amr Muhammad Khalid, ulama dan motivator internasional dari Mesir.

SMOL.ID - Menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk mendirikan shalat lima waktu. Namun demikian, bagi sebagian muslim ternyata masih berat menjalankannya. Apalagi kalau harus shalat dengan khusyuk. Mengapa demikian?

Ulama dan motivator internasional dari Mesir, Dr Amr Muhammad Khalid mengungkapkan sebab-sebab muslim masih merasa berat mendirikan shalat. Itu tertulis dalam buku karangannya Ibadat al-Mu'min (Pahami Ibadahmu).

Disebutkan, seharusnya muslim mencontoh Rasulullah saw yang bersabda, "Yang menjadi penyejuk hatiku adalah shalat". Dengan shalat seorang muslim dapat merasakan dirinya telah menghancurkan sekat-sekat duniawi serta menembus ruang dan waktu yang melingkupi dirinya.

Baca Juga: Golongan Manusia yang Siksaannya Paling Berat di Neraka Menurut Ustadz Khalid Basalamah

"Dia keluar dari sekat menuju alam ruhani yang tak terbatas, kecuali dengan Allah semata", kata Muhammad Khalid.

Lalu kenapa belum semua muslim merasakan hal itu? Dan kenapa terasa berat menjalankan shalat? Allah memberikan jawaban dengan firman-Nya, "Ia (shalat) sangat berat kecuali bagi mereka yang khusyuk".(QS. Al-Baqarah 45).

Ya ternyata karena kita masih belum shalat dengan khusyuk, sehingga shalat terasa berat, sulit, dan sukar. Tanpa khusyuk, shalat terasa berat dan tidak memberikan pengaruh. Ia sekadar gerakan saja.

Menurut Muhammad Khalid, shalat bermakna masuk menemui Allah. Dengan mengucapkan "Allahu Akbar", Allah langsung menemui dan menatapmu. "Pernahkah engkau merenungkan hal ini sebelumnya? Apakah engkau melakukan shalat dengan perasaan itu?".

Baca Juga: Tips 4 Amalan yang Bikin Cepat Kaya dan Sukses ala Syekh Ali Jaber

Ditambahkan, nilai shalat terletak pada keberadaannya sebagai jalan utama untuk mengenal Allah. Jadi apabila engkau ingin mengenal Allah, dirikanlah shalat dan khusyuklah.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

Kamis, 23 September 2021 | 08:50 WIB

Bacaan Doa Sesudah Wudhu Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 23 September 2021 | 07:40 WIB

Niat Wudhu bagi Umat Muslim Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 23 September 2021 | 07:30 WIB

Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

Kamis, 23 September 2021 | 06:10 WIB
X