• Selasa, 28 September 2021

Bagaimana supaya Khusyuk dalam Shalat, Begini Penjelasan Dr Muhammad Khalid

- Selasa, 14 September 2021 | 05:03 WIB
Dr Amr Muhammad Khalid, ulama dan motivator internasional dari Mesir.
Dr Amr Muhammad Khalid, ulama dan motivator internasional dari Mesir.

SMOL.ID - Shalat adalah sarana paling tepat untuk mengenal Allah. Dan upaya mengenal Allah hanya bisa diraih dengan shalat yang khusyuk. Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa shalat dengan khusyuk ?

Sebelum sampai pada bagaimana bisa shalat dengan khusyuk, ulama dan motivator internasional dari Mesir Dr Amr Muhammad Khalid mengajukan pertanyaan, "Bagaimana menurutmu ketika kau tahu bahwa mengenal Allah merupakan rahasia kehidupan?".

Dalam bukunya Ibadat al-Mu'min (Pahami Ibadahmu), Dr Muhammad Khalid membahas banyak orang tak bisa menjawab pertanyaan di atas tersebut.

Baca Juga: Begini Tips dr Aisah Dahlan agar Watak Berperan Bentuk Keluarga Sakinah, Mawadah, Warahmah

Namun, menurutnya, bagi seorang muslim jawabannya mudah. Hal itu tercermin pada firman Allah, "Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku". Hal ini merupakan hakikat yang diketahui oleh setiap muslim yang mengetahui hakikat keberadaannya di dunia ini.

Dijelaskannya, Allah tidak menciptakan kita hanya untuk makan, minum, menikah, dan mati. Akan tetapi, kita diciptakan untuk menyembah dan mengenal Allah. Dunia menjadi tidak bernilai tanpa tujuan ini.

"Sungguh kasihan engkau, wahai yang keluar dari dunia tanpa mengenal Tuhanmu. Sungguh kasihan, engkau wahai yang mengira dunia hanya sebagai tempat sendau gurau, permainan, dan hasrat. Karena pintu masuk sejati bagi kita untuk bisa khusyuk dalam shalat adalah mengetahui mengapa kita dicipta", tuturnya.

Dikutipnya Ibn Qayyim yang mengungkapkan, "Dalam hati ada koyak yang hanya bisa dirajut dengan mendatangi Allah. Di dalamnya ada nestapa yang bisa dihilangkan dengan senang berkalwat dengan-Nya".

"Di dalamnya ada duka yang hanya bisa dilenyapkan oleh rasa bahagia dengan mengenal-Nya dan jujur dalam berinteraksi dengan-Nya. Di dalamnya ada kerisauan yang hanya bisa ditenangkan dengan berkumpul bersama-Nya dan lari menuju-Nya".

"Di dalamnya ada api kesedihan yang hanya bisa dipadamkan dengan rida kepada perintah, larangan, dan ketetapan-Nya serta dengan senantiasa bersabar dalam hal itu hingga menjumpai-Nya".

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

Kamis, 23 September 2021 | 08:50 WIB

Bacaan Doa Sesudah Wudhu Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 23 September 2021 | 07:40 WIB

Niat Wudhu bagi Umat Muslim Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 23 September 2021 | 07:30 WIB

Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

Kamis, 23 September 2021 | 06:10 WIB
X