• Selasa, 28 September 2021

Ingin Shalatmu Diperhatikan Allah? Dr Muhammad Khalid: Lakukan Hal Ini

- Rabu, 15 September 2021 | 05:00 WIB
Dr Muhammad Khalid, ulama dan motivator internasional dari Mesir.
Dr Muhammad Khalid, ulama dan motivator internasional dari Mesir.

SMOL.ID - Bayangkan engkau shalat dan Allah melihat dan memperhatikan shalatmu. Betapa besar kemuliaan yang diperoleh seorang hamba yang shalatnya ditatap oleh Tuhannya.

Bagaimanakah caranya supaya kita memperoleh tatapan Allah saat shalat? Inilah saran ulama dan motivator internasional dari Mesir Dr Amr Muhammad Khalid dalam bukunya Ibadat al-Mu'min (Pahami Ibadahmu).

Ia mengutip hadist Rasulullah yang bersabda, "Jika engkau hendak mengerjakan shalat, bertakbirlah. Lalu bacalah ayat-ayat Alquran yang ringan bagimu. Setelah itu, rukuklah dengan tenang (thuma'ninah), lalu iktidal dengan berdiri. Kemudian, sujudlah secara thuma'ninah. Setelah itu duduklah secara thuma'ninah, lalu sujud lagi secara thuma'ninah. Usahakan hal itu dalam semua shalatmu".

Baca Juga: Bagaimana supaya Khusyuk dalam Shalat, Begini Penjelasan Dr Muhammad Khalid

Lihatlah bagaimana Nabi mengajarkan bagaimana seharusnya engkau shalat. Terapkan dan laksanakan segera selama kesempatan masih ada. Jangan lupa untuk thuma'ninah.

Nabi juga bersabda, "Allah menemui hamba dalam shalatnya selama ia tidak berpaling. Tetapi apabila hamba itu memalingkan wajahnya, Allah pergi darinya".

Jadi, kata Muhammad Khalid, mungkinkah Tuhan menatapmu sementara engkau sendiri melihat kepada selain-Nya? Mengapa engkau tidak merasakan besarnya masalah ini?

Maka, tambahnya, tegakkanlah tulang punggungmu, iktidallah dengan berdiri, dan hendaklah engkau thuma'ninah saat berdiri. Seperti sabda Nabi yang lain, "Tidak sah shalat orang yang tidak menegakkan tulang punggungnya dalam rukuk dan sujud".

Baca Juga: Kenapa Shalat Terasa Berat? Ini Penjelasan Dr Amr Muhammad Khalid supaya Khusyuk

Muhammad Khalid menegaskan, tatapan Allah kepada manusia adalah rahmat. Siapa yang Allah tatap, Dia tidak akan menyiksanya. "Apakah engkau ingin Allah tidak melihat kepada shalatmu? Tampaknya engkau akan berkata, 'Tentu saja tidak'. Saudaraku, aku berharap jawabanmu merupakan praktik langsung.***

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

Kamis, 23 September 2021 | 08:50 WIB

Bacaan Doa Sesudah Wudhu Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 23 September 2021 | 07:40 WIB

Niat Wudhu bagi Umat Muslim Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 23 September 2021 | 07:30 WIB

Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

Kamis, 23 September 2021 | 06:10 WIB
X