• Minggu, 28 November 2021

Libur Maulid Nabi 2021 Digeser, Begini Respon MUI

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:34 WIB
Libur Maulid Nabi 2021 Digeser, Begini Respon MUI (Islam Kaffah)
Libur Maulid Nabi 2021 Digeser, Begini Respon MUI (Islam Kaffah)

SMOl.ID - Pemerintah telah menggeser Hari Libur Nasional Maulid Nabi 2021 yang semula tanggal 19 Oktober menjadi tanggal 20 Oktober 2021 dengan alasan mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Diketahui sebelumnya pemerintah juga telah mengeser libur nasional pada 1 Muharram 1443 Hijriah pada 10 Agustus ke 11 Agustus 2021 dan masih dengan alasan yang sama yaitu mengantisipasi lonjakan kasus baru Covid-19.

Penggeseran hari libur yang terus berulang ini mendapat respon dari Cholil Nafis, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang dakwah dan ukhuwah . Ia mengatakan bahwa digesernya hari libur nasional sudah tidak relevan karena pandemi Covid-19 di Indonesia jumlah kasusnya terus melandai.

Baca Juga: Tipu-tipu Bantuan Gereja, Pendeta Gadungan di Magelang Ditangkap

Dikutip dari akun Twitter pribadinya @cholilnafis menulis “ Saat WFH n Covid-19 reda bahkan hajatan nasional mulai normal sepertinya menggeser hari libur keagamaan dg alasan agar tak banyak mobilitas liburan warga n tdk berkerumunan sdh tak relevan. Keputusan lama yang tak diadaptasikan dg berlibur pd waktunya merayakanacara keagamaan” tulis Cholil Nafis pada 11 Oktober 2021 kemarin.

Unggahan tersebut lalu mendapat berbagai respon dari warganet Twitter. Salah satu nitizen berkomentar “kalo mau jujur aktifitas warga dah hampir normal kok, kalo alasannya demi menjaga penularan Covid cukup pake himbauan prokes aja, gak usah sampai menggeser hari libur” tulis pemilik akun @AlasBanjaran.

Cholil Nafis juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak hari libur dalam rangka saling menghormati hari keagamaan agama lain. Sehingga hari libur itu harusnya mengikuti hari besar bukan malah hari keagamaan mengikuti hari libur.

Baca Juga: Id Line Bocor, Begini Respon Santai Iqbal Ramadhan

“jika ada penggeseran hari libur ke setelah atau sebelum Hari Besat Keagamaan (HBK) berarti bous karena kita memang selalu libur” kata Cholil dikutip dari fajar.co.id

Halaman:

Editor: Muhammad Bahy Fauzan

Tags

Terkini

Bacaan Doa Agar Hujan Reda Lengkap dengan Artinya

Sabtu, 27 November 2021 | 17:20 WIB
X