• Jumat, 21 Januari 2022

Menikah Secara Online Apakah Sah? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut!

- Jumat, 26 November 2021 | 18:41 WIB
Menikah Secara Online Apakah Sah? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut! (Instagram.com/@buyayahya_albahjah)
Menikah Secara Online Apakah Sah? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut! (Instagram.com/@buyayahya_albahjah)

SMOL.ID – Di era pandemi yang saat ini terjadi ini, banyak calon pengantin yang ingin segera menikah terpaksa untuk melakukan pernikahan secara online dan tidak bertemu di satu tempat.

Lalu, apakah menikah secara online dan tidak bertemu di satu tempat diperbolehkan dalam islam? Simak penjelasan Buya Yahya berikut.

Dikutip dari channel YouTube Buya Yahya, ia menjelaskan bahwa pernikahan secara online diperbolehkan atau tidak itu tergantung dari niatnya dulu.

Baca Juga: Obat Segala Penyakit, Doa yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Sembuhkan Penyakit

Jika tujuan dari pernikahan secara online hanya untuk terkenal dan viral di media sosial, maka pernikahan itu tidak diperbolehkan dan tidak sah.

Selain itu, Buya Yahya juga menjelaskan bahwa pernikahan yang sah tidak perlu dilakukan secara online, melainkan bisa diwakilkan.

“Saya kenal dengan mempelai laki-laki, kemudian Ust. Saikhu kenal dengan mempelai wali. Sudah selesai walinya mewakilkan pada Ust. Saikhu kemudian mempelai lelakinya wakilkan ke saya,” ujar Buya Yahya menjelaskan bahwa pernikahan bisa diwakilkan.

Baca Juga: 14 Manfaat Membaca Sholawat Jibril, Mulai dari Rezeki yang Melimpah hingga Mimpi Melihat Nabi Muhammad SAW

Tidak hanya itu, Buya Yahya juga menjelaskan bahwa perwakilan yang tidak bisa dihadiri oleh calon pengantin dapat diwakilkan oleh wakil yang dipilih oleh pengantin yang bersangkutan.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X