• Sabtu, 22 Januari 2022

Doa Saat Terjadi Petir di Musim Hujan

- Senin, 29 November 2021 | 05:36 WIB
Doa Saat Terjadi Petir di Musim Hujan (pixabay)
Doa Saat Terjadi Petir di Musim Hujan (pixabay)

SMOL.ID - Umat muslim dituntut selalu berdoa setiap saat, termasuk ketika terjadi petir di musim hujan. Musim hujan tak jarang hadir bersama kilat dan petir, sehingga perlu kita berlindung kepada Allah agar diberi keselamatan dan perlindungan. Berikut ini, sebaris doa saat kita mendengar suara petir yang bisa Anda amalkan.

Indonesia saat ini tengah dilanda musim hujan. Bahkan, menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) saat ini telah terjadi fenomena La Nina yang berdampak cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang disertai petir.

Tak jarang ketika pagi datang, kita sudah disapa oleh mendung tebal, lalu hujan dan disertai petir yang memunculkan kilat yang menyeramkan.

Baca Juga: 6 Bacaan Doa Minta Rezeki yang Halal dan Berkah, Simak Selengkapnya!

Kita menjadi takut, khawatir, dan buru-buru mematikan semua peralatan elektronik yang berhubungan dengan satelit termasuk handphone.

Tak jarang ada korban akibat sambaran petir, terutama mereka yang tengah berada di luar rumah. Baru-baru ini sambaran petir juga mengakibatkan kilang Pertaminan di Balongan dan Cilacap meledak dan terbakar.

Dalam Islam, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk memanjatkan doa saat mendengar petir.

Hal ini, tertuang dalam Kitab Tuhfah al-Muhtaj bi Syarh al-Minhaj—merupakan sebuah kitab fiqh mazhab al-Syafi’i. Doa ini dibaca ketika mendengar petir atau guntur atau juga guruh.

Kitab tersebut karya al-Imam Syihabuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Hajar al-Makki al-Haytami (909-973H), lebih terkenal dengan nama panggilan; Ibn Hajar al-Haytami.

Ibnu Hajar Al Haytami mengatakan, jika seorang muslim mendengar suara petir untuk segera memuji atau bertasbih pada Allah.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X