• Senin, 24 Januari 2022

Shalat Sunnah Boleh Dilaksanakan Sambil Duduk Meskipun Alasannya Malas Berdiri, Bagaimana Hukumnya?

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 07:45 WIB
Shalat Sunnah Boleh Dilaksanakan Sambil Duduk Meskipun Alasannya Malas Berdiri, Bagaimana Hukumnya? (pixabay)
Shalat Sunnah Boleh Dilaksanakan Sambil Duduk Meskipun Alasannya Malas Berdiri, Bagaimana Hukumnya? (pixabay)

SMOL.ID – Islam selalu memberikan kemudahan bagi umatnya dalam beribadah, seperti shalat sunnah, bisa dilakukan sambil duduk, ketika sedang malas berdiri.

Dalam kitab fiqih, disebutkan jika sedang malas berdiri, shalat sunnah boleh dilakukan dalam posisi duduk. Jadi, shalat sunnah berdiri tidak wajib. Shalat sunnah boleh dilaksanakan sambil duduk meskipun masih mampu berdiri, baik karena alasan malas berdiri atau lainnya.

Dikutip dari laman bincangsyariah, di antara dalil kebolehan melaksanakan shalat sunnah sambil bersila atau duduk, meski dengan alasan malas berdiri, adalah hadis riwayat Imam Abu Dawud berikut:

Baca Juga: Hari Ini November Besok Desember, Ini Doa Sambut Pergantian Bulan

قالت عائشة: لا تدع قيام الليل فان رسول الله صلى الله عليه وسلم كان لا يدعه وكان اذا مرض او كسل صلى قاعدا

Sayidah Aisyah berkata; Janganlah kamu meninggalkan shalat malam karena Rasulullah Saw tidak pernah meninggalkan shalat malam. Jika beliau dalam keadaan sakit atau malas, maka beliau melaksanakan shalat dalam keadaan duduk.

Berdasarkan hadis tersebut, dan hadis-hadis sejenisnya, maka para ulama sepakat untuk membolehkan shalat sunnah sambil duduk, meski dengan alasan malas untuk berdiri.

Sebagaimana diceritakan Sayidah Aisyah, Rasulullah Saw sendiri pernah melakukan shalat sunnah dengan posisi duduk saat malas untuk berdiri.

Selain itu, para ulama berpendarapa shalat sunnah boleh duduk karena shalat sunnah termasuk perbuatan ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan terus menerus dalam jumlah yang banyak.

Karena itu, jika diwajibkan berdiri dalam shalat sunnah, maka hal itu akan menyebabkan kepayahan sehingga nantinya banyak shalat sunnah yang ditinggalkan.

Baca Juga: Panjatkan Selalu Doa Pagi dan Sore agar Merasa Damai dan Terlindungi dari Kejahatan

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X