• Selasa, 5 Juli 2022

Jadi Sultan Para Wali, Syech Abdul Qadir Al-Jaelani : Telapak Kakiku di Pundak Para Wali

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:37 WIB
Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.
Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

SMOL.id - Syech Abdul Qadir Al-Jaelani merupakan waliyullah yang memiliki posisi sangat istimewa di sisi Allah. Bahkan Syech Abdul Qadir Al-Jaelani menduduki posisi sebagai sultan para wali Allah.

Seperti dikisahkan Syech Abu Al-'Izz Abdul Mughits bin Harb Al-Baghdadi, yang saat itu hadir di majelis Syech Abdul Qadir Al-Jaelani di Baghdad.

Mereka yang hadir dalam pertemuan itu adalah para guru besar senior Irak saat itu. Di antaranya Syech Ali bin Al-Haiti, Baqa bin Bathu, Abu Said al-Qiwali.

Baca Juga: AWAS! Suami Istri Dilarang Lakukan Hal Ini, Ustadz Abdul Somad: Bisa Jadi Zina!

Saat itu Syech Abdul Qadir Al-Jaelani berkata kepada mereka, "Kedua telapak kakiku ini berada di atas setiap pundak para wali Allah".

Kemudian bangkitlah Syech Ali bin Al-Haiti dan naik ke mimbar. Ia lalu memegang kaki Syech Abdul Qadir Al-Jaelani dan meletakkannya di atas pundaknya, sambil memosisikan kepalanya di bawah kealiman jubah Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.

Semua yang hadir pun membungkuk seperti yang dilakukan oleh Syech Al-Haiti. Dan tidak ada satu pun wali Allah di muka bumi pada saat itu yang tidak menundukkan diri sebagai pengakuan tulus terhadap Syech Abdul Qadir Al-Jaelani, serta kedudukan rohani beliau yang khusus.

Seperti ditulis Ibnu Watiniyah dalam buku Kisah-kisah Ajaib Syech Abdul Qadir Jaelani, ada 300 auliya Allah dan 700 rijaul ghaib yang hadir di majelis itu. Syech al-Makarimi mengatakan, "Pada hari itu, seluruh wali Allah tahu bahwa panji kesultanan wali telah tertancapkan di sisi Syech Abdul Qadir Al-Jaelani. Semua wali dari timur hingga barat serentak membungkukkan badan mematuhi pernyataan beliau".

Baca Juga: WASPADA! 1 Dosa Ini Mempersulit untuk Lunasi Hutang, Syekh Ali Jaber: Segera Bertaubat

Namun demikian ternyata ada yang belum seratus persen meyakini hal itu. Adalah Syech Khalifah yang menginginkan agar ada kejadian atau tanda bukti supaya memantapkan keyakinannya terhadap pernyataan Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X