• Selasa, 5 Juli 2022

Inilah Peristiwa Mengapa Syech Abdul Qadir Al-Jaelani Menjadi Sultan Para Wali Allah

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:46 WIB
Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.
Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.

SMOL.id - Syech Abdul Qadir Al-Jaelani adalah waliyullah yang berkedudukan istimewa menjadi sultan para wali Allah. Dalam sebuah majelisnya di Baghdad, Syech Abdul Qadir Al-Jaelani berkata kepada para syech yang hadir, "Kedua telapak kakiku ini berada di atas setiap pundak para wali Allah".

Para syech pun kemudian menundukkan kepala dan mengakui kesultanan wali Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.

Ada sebuah peristiwa yang menjadi sebab mengapa Syech Abdul Qadir Al-Jaelani mengemukakan hal itu dan kemudian menjadi sultan para wali Allah.

Baca Juga: Jadi Sultan Para Wali, Syech Abdul Qadir Al-Jaelani : Telapak Kakiku di Pundak Para Wali

Seperti tertulis dalam buku Kisah-kisah Ajaib Syech Abdul Qadir Al-Jaelani karangan Ibnu Watiniyah, berikut ini peristiwa luar biasa yang menjadikan Syech Abdul Qadir Al-Jaelani sultan para wali Allah.

Dalam kitab Al-Lujani ad-Dani karya Syech Al-Karim Ja'far bin Hasan Abdul Karim al-Barzanji dan dalam kitab Raudhah an-Nadzir, Syech Rasyid bin Muhammad al-Junaidi meriwayatkan:

Pada malam Rasulullah SAW Mi'raj, Malaikat Jibril as datang menghadap Rasulullah SAW sambil membawa Buraq. Ketika diberikan oleh Malaikat Jibril as kepada Nabi Muhammad SAW, Buraq sangat senang dan sampai tidak bisa diam, sehingga Nabi bersabda, "Wahai Buraq, kenapa engkau tidak mau diam? Apa karena engkau tidak mau aku tunggangi?"

Buraq menjawab, "Wahai Rasulullah SAW, bukan aku tidak mau ditunggangi Baginda, tetapi aku mempunyai permintaan kepada Baginda wahai kekasih Allah SWT. Nanti di hari kiamat ketika Baginda masuk ke surga agar tidak menunggangi yang lain, kecuali aku". Rasulullah SAW pun bersabda, "Wahai Buraq, permintaanmu aku kabulkan".

Buraq pun berkata lagi, "Wahai Baginda, sudikah kiranya Baginda memegang pundak ku agar menjadi ciri di hari kiamat?".

Baca Juga: Jauhi Sikap Sombong, Nasihat Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Ini Perlu Didengar Crazy Rich

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X