• Jumat, 1 Juli 2022

Syech Abdul Qadir Al-Jaelani Dapat Membaca Kehendak Hati Seseorang

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:56 WIB
Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.
Syech Abdul Qadir Al-Jaelani.

SMOL.id - Ini kisah tentang karomah lain Syech Abdul Qadir Al-Jaelani, sultannya para wali Allah, yakni bisa membaca kehendak hati seseorang.

Adalah Syech Badi'uddin Khalaf bin 'Iyasy Asy-Syari'i Asy-Syafi'i yang menuturkan begini :

Syech Abu Amru Utsman As-Sa'di, pembesar Madzhab Syafi'i di zamannya, mengutusku ke Baghdad untuk mendapatkan salinan Musnad Imam Ahmad.

Baca Juga: Inilah Peristiwa Mengapa Syech Abdul Qadir Al-Jaelani Menjadi Sultan Para Wali Allah

Sesampainya di Baghdad, aku melihat orang-orang mengelu-elukan Syech Abdul Qadir Al-Jaelani. Aku pun membatin, "Jika memang orang ini seperti yang mereka elu-elukan, niscaya ia dapat menggambarkan apa yang ada dalam hatiku".

Aku kemudian berdandan dengan dandanan tak lazim, dan berkata dalam hatiku, "Aku ingin jika bertemu dengan Syech Abdul Qadir Al-Jaelani nanti, aku akan mengucapkan salam kepadanya, dan ia tidak membalas salamku dan beliau memalingkan wajahnya".

Dandanan seperti ini aku lakukan supaya ia menyuruh pelayannya agar memberiku kurma, "Berilah ia kurma sepenuh mangkok yang ada di tanganku, tidak kurang dan tidak lebih, walaupun satu biji".

Aku kemudian menemui beliau, dan sesampainya di sana aku mendapati beliau sedang duduk di mihrab. Beliau melihatku dengan suatu pandangan, yang dari pandangannya itu aku paham bahwa beliau mengetahui apa yang ada dalam hatiku.

Aku pun mengucapkan salam kepadanya, tetapi beliau tak menjawab salamku, bahkan ia memalingkan wajahnya dari hadapanku.

Lalu beliau berkata kepada pelayannya, "Berilah orang ini semangkuk kurma dan biji-bijian sebanyak 2 daniq yang masing-masing tidak boleh lebih 1 biji atau kurang 1 biji".

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X