• Jumat, 7 Oktober 2022

Bacaan Doa Melihat Bulan Saat Rukyatul Hilal seperti Dilafalkan Rasulullah SAW

- Minggu, 26 Juni 2022 | 06:47 WIB
Bacaan Doa Melihat Bulan Saat Rukyatul Hilal seperti Dilafalkan Rasulullah SAW (Ilustrasi/PR)
Bacaan Doa Melihat Bulan Saat Rukyatul Hilal seperti Dilafalkan Rasulullah SAW (Ilustrasi/PR)

SMOL.ID - Kementerian Agama (Kemenag) bersama organisasi Islam segera melaksanakan rukyatul hilal penentuan awal 1 Dzulhijah 1443 Hijriyah dan Hari Raya Idul Adha.

Rukyatul hilal dilaksanakan dengan cara peneropongan terhadap posisi bulan. Dalam melaksanakan rukyatul hilal, umat muslim dianjurkan membaca doa yang juga dibaca Rasulullah SAW saat melaksanakan peneropongan bulan.

Bacaan doa itu dilafalkan ketika bulan mulai terlihat. Berikut ini adalah beberapa riwayat hadits yang menyebutkan doa yang dibaca oleh Rasulullah ketika melihat bulan seperti dikutip dari lama NU online.

اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ (وفي رواية بِاليُمْنِ) وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى، رَبِّي (وفي رواية رَبُّنَا) وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allāhu akbaru, allāhumma ahillahū ‘alainā bil amni (lain riwayat bil yumni), wal īmāni, was salāmi, wal islāmi, wat taufīqi li mā tuhibbu wa tardhā. Rabbī (lain riwayat rabbanā) wa rabbukallāhu.

Baca Juga: Membuat Jiwa Lebih Terisi, Berikut Bacaaan Zikir Pagi dan Petang Lengkap dengan Artinya

Artinya, “Allah maha besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Kau suka dan restui. Tuhanku (Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah,” (HR Ad-Darimi dan Ibnu Hibban).

Adapun Imam Ahmad dan Imam At-Tirmidzi merilis riwayat lain yang menyebutkan doa Rasulullah SAW saat melihat bulan dengan redaksi yang lebih singkat dari hadits riwayat Ad-Darimi dan Ibnu Hibban sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allāhumma ahillahū ‘alainā bil amni, wal īmāni, was salāmati, wal islāmi. Rabbī wa rabbukallāhu. Hilālu rusydin wa khairin.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Mengawali Hari di Waktu Pagi Diajarkan Rasulullah

Minggu, 25 September 2022 | 06:00 WIB

Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa Bumi

Minggu, 25 September 2022 | 05:32 WIB

Doa Ketika Merasa Tersakiti Karena Putus Cinta

Jumat, 16 September 2022 | 06:27 WIB

Doa Susah Tidur Seperti Diajarkan Rasulullah SAW

Senin, 29 Agustus 2022 | 07:48 WIB
X