• Minggu, 5 Februari 2023

Sangat Dianjurkan dalam Islam, Ini Hukum Berbagi Makanan Setelah Shalat Jumat

- Jumat, 16 September 2022 | 07:07 WIB
Sangat Dianjurkan dalam Islam, Ini Hukum Berbagi Makanan Setelah Shalat Jumat (Ilustrasi)
Sangat Dianjurkan dalam Islam, Ini Hukum Berbagi Makanan Setelah Shalat Jumat (Ilustrasi)

SMOL.ID - Berbagi makanan bernilai sedekah di hari Jumat sangat dianjurkan dalam Islam. Berbagi makanan di hari Jumat memiliki keutamaan. Berbagi makanan di hari Jumat pahalanya lebih utama dibandingkan hari lainnya.

Maka tak heran jika setiap hari Jumat banyak orang berbagi makanan, termasuk di masjid-masjid

Saat ini sebagian besar masjid menyediakan makanan untuk para jamaah untuk dimakan bersama setelah melaksanakan shalat Jumat.

Makanan ini ada yang murni disediakan oleh pengurus masjid, namun ada juga yang disediakan oleh para jemaah yang ingin berbagi makanan agar dimakan bersama setelah shalat Jumat.

Bagaimana hukum berbagi makanan setelah shalat Jumat?

Berbagi makanan setelah shalat Jumat, baik dibagikan di masjid untuk dimakan bersama maupun dibagikan di jalan, di rumah dan lainnya, termasuk perbuatan baik yang bernilai sedekah.

Baca Juga: Bolehkah Doa Pakai Bahasa Selain Arab? Begini Jawaban Kiai Miftah

Secara umum, bersedekah di hari Jumat sangat dianjurkan sekali. Bersedekah di hari Jumat pahalanya lebih utama dibanding bersedekah di hari selain hari Jumat.

Terdapat beberapa hadis yang menganjurkan untuk bersedekah di hari Jumat, baik dengan berbagi makanan setelah shalat Jumat, dan lainnya. Di antaranya adalah hadis yang diriwayatkan Imam Abdurrazzaq berikut:

وَلَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ وَلَمْ تَغْرُبْ مِنْ يَوْمٍ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ اْلُجُمُعَةِ وَالصَّدَقَةُ فِيْهِ أَعْظَمُ مِنْ سَائِرِ اْلاَيَّامِ.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anjuran Islam Saat Terjadi Gempa

Selasa, 22 November 2022 | 02:58 WIB
X