• Selasa, 28 September 2021

Festival Kota Lama 2021 Digelar 16-26 September

- Selasa, 14 September 2021 | 10:14 WIB
Flyer Opening Festival Kota Lama Semarang.
Flyer Opening Festival Kota Lama Semarang.

SMOL.ID-Meskipun Pandemi Covid-19 belum berakhir, panitia Festival Kota Lama (FKL) tetap bersemangat menggelar festival tersebut mulai 16 September hingga 26 September 2021. Tujuannya, untuk mengangkat Kota Lama menjadi ikon Kota Semarang ke dunia internasional.

Dalam siaran persnya, Panitia FKL 2021 mengatakan, keadaan yang belum kondusif akibat Covid, mendorong mereka untuk menyelenggarakan FKL 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Dengan mengambil tema Living Heritage ing Harmony, pendekatan FKL 2021 lebih bersifat kualitatif, bukan sekadar kuantitatif. ‘’Sebanyak mungkin kami akan melakukan live streaming, memperkenalkan gedung-gedung bersejarah dan lokasi-lokasi di Kota Lama yang memikat banyak orang.’’

Baca Juga: Jadwal TV RCTI 15 September 2021, Ikatan Cinta Semakin Seru!

Siaran pers itu juga merilis, acara akan tetap dimeriahkan dengan pameran dan workshop. Hal itu sama seperti FKL-FKL yang lalu, dua event ini tetap diselenggarakan. ‘’Tentu dengan tema yang lebih segar, menyesuaikan dengan trend masa kini’’.
Lebih lanjut disampaikan, panitia akan melibatkan berbagai komunitas, menunjukkan semangat “dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat”. Ya, FKL adalah pesta rakyat, meskipun FKL 2021 dilaksanakan dengan menaati Prokes.

Pameran dan workshop kali ini akan mengutamakan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sesuai dengan potensi Jawa Tengah yang memilki lebih empat juta UMKM. Pameran dan workshop akan digelar di beberapa gedung di Kota Lama, yaitu di Soesmans Kantoor dan di Galeri Industri Kreatif.

Sarasehan
Sementara itu, FKL 2021 juga akan diisi dengan Sarasehan Kota Semarang Lama yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Cagar Budaya Nasional yang meliputi empat Kawasan, yaitu kawasan Melayu, Kauman, Litlle Netherland dan Pecinan.

Kegiatan ini sebagai bingkai yang bernuansa lebih akademis tentang identifikasi masalah, tujuan, dan arah pengembangan kawasan Kota Semarang Lama.
Panitia akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan. Antara lain unsur pemerintah, perguruan tinggi, sekolah-sekolah, pakar, media, dan komunitas-komunitas yang peduli terhadap Kota Semarang Lama.

Hasil sarasehan diharapkan bisa menjadi masukan bagi pengambil keputusan terkait dengan pengembangan Kota Lama. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya peningkatan sinergitas antar-pemangku kepentingan, sehingga pengembangan Kota Lama lebih terintegrasi dan tepat guna tepat sasaran. ***

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

290 Objek Wisata di Jateng Sudah Dibuka

Selasa, 28 September 2021 | 10:05 WIB

Rais Syuriyah PCNU Ajak Ulama Perkuat Dakwah di Medsos

Senin, 27 September 2021 | 20:27 WIB

Enong Wulan Juni: Mencegah Stunting Lewat Kebun

Kamis, 23 September 2021 | 20:26 WIB

Dalam Sepekan Polisi Tangkap 5 Kurir Narkoba di Jateng

Selasa, 21 September 2021 | 13:35 WIB
X