• Rabu, 26 Januari 2022

PEP Soap Ini Praktis, Sabun Kertas Terbuat dari Mengkudu Produk Mahasiswa UNS

- Senin, 20 September 2021 | 16:34 WIB
Sabun kertas berbahan alami buatan Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PMK-K) Fakultas Pertanian (FP) UNS.  (ANTARA/Aris Wasita)
Sabun kertas berbahan alami buatan Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PMK-K) Fakultas Pertanian (FP) UNS. (ANTARA/Aris Wasita)

SMOL.ID - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan sabun kertas berbahan mengkudu, jeruk purut dan sirih. Sabun diberi nama PEP Soap itu praktis dibawa ke mana-mana di masa pandemi Covid-19.

"Sabun ini praktis dibawa ke mana-mana jika dibandingkan dengan sabun padat dan cair," kata Ketua Tim Letisia Nur Safitriyani di Solo, Senin, 20 September 2021.

Lestisia menciptakan sabut itu bersama empat mahasiswa lainnya. Sabun itu diciptakan sesuai dengan inovasi sebagai solusi atas permasalahan pandemi Covid-19.

Baca Juga: FBI Temukan Jasad Identik Selebgram AS Gabby Petito di Hutan Wyoming

"Ini sesuai dengan program pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, kami meyakini bahwa sabun kertas dapat menjadi media adaptasi era 'new normal' (normal baru)," kata mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis tersebut.

Ia mengatakan produk yang diberi nama PEP Soap tersebut dibuat dari bahan alami yang aman bagi kesehatan kulit, di antaranya mengkudu, jeruk purut, dan daun sirih.

Dipilihnya mengkudu karena mengandung alkaloid dan flavonoid yang berfungsi sebagai antibakteri, sedangkan bahan jeruk purut mengandung minyak atsiri yang dapat menghasilkan aroma wangi.

"Minyak atsiri pada jeruk purut memiliki kandungan pinene dan sitronelal yang bermanfaat sebagai antibakteri. Komponen terakhir yaitu sirih berfungsi sebagai antiseptik alami," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Ubah Aturan Penerima Banpres BPUM untuk UKM, Berikut Penjelasannya

Selain menghasilkan produk PEP Soap, mereka juga menjadikan produk tersebut sebagai media edukasi seputar Covid-19.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

Sultan Tidak Akan Menunda Relokasi PKL Malioboro

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:15 WIB

Kamis, Ganti Untung Tanah Waduk Jlantah Warga Tlobo

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:24 WIB
X