• Selasa, 5 Juli 2022

Berharap Jamaah Indonesia Bisa Berangkat Umrah, Kemenang Lobi Arab Saudi

- Kamis, 23 September 2021 | 11:49 WIB
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esham Altsaqafi. ( ANTARA/HO-Kemenag)
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esham Altsaqafi. ( ANTARA/HO-Kemenag)

SMOL.ID - Pemerintah Indonesia berharap Arab Saudi segera mencabut suspend dan memberikan kesempatan jamaah  Indonesia berangkat umrah.

Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencoba menemui dan melobi Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esham Altsaqafi terkait masalah itu.


"Kami berharap pemerintah Arab Saudi segera mencabut suspend dan memberi kesempatan kepada jemaah umrah Indonesia untuk bisa berangkat ke Tanah Suci," ujar Plt Dirjen PHU Kemenag Khoirizi di Jakarta, Kamis, 23 September 2021.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling di Yogyakarta, Wajib Prokes Ketat

Hingga saat ini belum ada keputusan terbaru dari Arab Saudi terkait penyelenggaraan umrah bagi negara luar, termasuk Indonesia.

Negara yang masuk dalam daftar suspend atau penangguhan harus melewati protokol yang ketat jika ingin tetap memberangkatkan calon jamaah umrahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Khorizi menjelaskan kepada Dubes Arab Saudi bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia terus membaik dan calon jamaah umrah Indonesia juga siap untuk mengikuti prokes yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

"Ada lima negara pengirim jamaah umrah terbanyak, yaitu Pakistan, Indonesia, India, Turki, dan Mesir, yang belum bisa mengirimkan jemaah umrahnya. Kami berharap jemaah umrah Indonesia diprioritaskan untuk bisa segera diberangkatkan," kata dia.

Baca Juga: Tarif Tes Antigen di Daop 5 Purwokerto Turun Jadi Rp45 Ribu

Sementara itu, Dubes Arab Saudi Esham Altsaqafi menegaskan bahwa Saudi tidak pernah melarang umat Islam Indonesia untuk melaksanakan umrah. Menurutnya, pengaturan dilakukan dalam rangka mengatasi pandemi.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

X