• Minggu, 17 Oktober 2021

BST APBD Yogyakarta Segera Cair, Ini Kriteria Penerimanya

- Senin, 27 September 2021 | 18:03 WIB
BST APBD Yogyakarta Segera Cair, Ini Kriteria Penerimanya (Ilustrasi Antara)
BST APBD Yogyakarta Segera Cair, Ini Kriteria Penerimanya (Ilustrasi Antara)

SMOL.ID - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta segera mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dananya berasal dari APBD.

Saat ini, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta sudah memproses pencairan BST yang ditargetkan dapat disalurkan mulai Oktober.

“Bukan kami memperlambat proses pencairan. Tetapi, hal ini dilakukan semata-mata untuk memastikan penerima adalah warga yang memenuhi berbagai kriteria yang sudah ditetapkan,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Senin, 27 September 2021.

Baca Juga: Bareskrim Polri Bongkar Pabrik Obat Keras di Bantul, 5 Juta Obat Disita  

Adapun kriteria atau syarat sebagai penerima BST, adalah warga tidak mampu dan belum pernah menerima bantuan sosial apapun yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan didanai melalui APBN seperti BST, program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai atau program sembako.

Guna memastikan tidak ada warga yang menerima dua jenis bantuan yang berbeda, maka Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta pun menyandingkan beberapa data seperti penerima bantuan sosial dari pusat dengan data warga miskin di Kota Yogyakarta.

“Jadi, sekali lagi, bukan kami memperlambat proses tetapi penyaluran bantuan harus dilakukan secara hati-hati. Terlebih data penerima program BST dari pemerintah pusat sangat dinamis,” katanya.

Baca Juga: Siap-siap Beroperasi, 3 Ribu Pedagang Segera Tempati Lapak Pasar Johar Semarang

Khusus untuk BST dari APBD Kota Yogyakarta, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta akan bekerja sama dengan Kantor Pos untuk penyalurannya.

“Penyaluran hanya akan dilakukan satu kali saja dengan total nilai bantuan yang akan diterima sebesar Rp1,2 juta per penerima,” katanya.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

Kopi Rempah dan Jejak Soekarno di Kesultanan Ternate

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:58 WIB
X