• Selasa, 5 Juli 2022

Lampu Hijau Izin Umrah untuk Jemaah Indonesia dari Pemerintah Saudi

- Senin, 11 Oktober 2021 | 15:18 WIB
Kabar Baik, Saudi Beri Lampu Hijau Izin Umrah untuk Jemaah Indonesia (Ilustrasi Antara)
Kabar Baik, Saudi Beri Lampu Hijau Izin Umrah untuk Jemaah Indonesia (Ilustrasi Antara)

SMOL.ID - Pemerintah Arab Saudi agaknya sudah memberikan lampu hijau bagi calon jemaah umrah Indonesia untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief, lampu hijau izin umrah bagi calon jemaah Indonesia merupakan hasil dari berbagai upaya diplomatik.

"Upaya diplomatik tetap berjalan, upaya berkomunikasi dengan kementerian di Saudi berjalan, dan tren di Indonesia juga mempengaruhi atau ikut serta mempengaruhi pandangan Pemerintah Saudi tentang situasi Covid-19 di Indonesia," ujar di Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Arab Saudi Kini Izinkan Warganya Berkunjung Ke Indonesia, Simak Artikel Berikut

Jika kasus Covid-19 menurun atau pandeminya semakin kecil, maka kondisi itu menjadi alat alat negosiasi untuk berkomunikasi pemerintah dengan luar negeri.

Untuk keberangkatan pertama umrah, masih menunggu Pemerintah Saudi mengeluarkan panduan teknis.

"Termasuk juga panduan teknis dari Pemerintah Indonesia, protokolnya. Ini adalah kesepakatan antara dua negara yang harus sepakat, mekanisme pelaksanaannya seperti apa, ya protokolnya yang digunakan bagaimana, ya panduannya seperti apa, panduan kesehatan sistemnya seperti apa, nah ini kan saling terkait," paparnya.

"Jadi sebetulnya umrahnya terbuka, tapi protokolnya memenuhinya bagaimana. Kira-kira itu poin pentingnya," ujar Hilman menambahkan.

Hilman mengatakan izin umrah untuk Indonesia itu menjadi modal positif untuk pelaksanaan ibadah haji ke depannya.

"Kalau umrah bisa berjalan baik, tidak banyak insiden, terkendali, protokolnya bagus, disiplin, ini jadi modal yang baik yang bisa kita bawa untuk mendapatkan izin dari pemerintah Saudi dalam melaksanakan ibadah haji," ujar dia.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

PLN Bawa 847 UMKM Difabel Naik Kelas

Senin, 4 Juli 2022 | 23:39 WIB
X