• Selasa, 25 Januari 2022

Penghargaan APE, Gubernur Ganjar Pranowo: Gender Bukan Penghalang Kesuksesan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:44 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo memegang sertifikat APE menyampaikan testimoni.
Gubernur Ganjar Pranowo memegang sertifikat APE menyampaikan testimoni.

SMOL.ID – Selain kodrat tidak satu hal pun batas kita bedakan. Gender bukan penghalang peraih kesusksesan. Semua yang berdiri tegap di bawah merah putih punya hak yang sama, entah laki-laki maupun perempuan.

Jadilah manusia sebaik-baiknya. Jalanilah kehidupan sehormat-hormatnya. Kami yang berada di pemerintahan Provinsi Jawa Tengah meyakini dan menjalankan prinsip itu dengan seksama agar bisa memberikan pengabdian yang seoptimalnya.

Pernyataan itu diucapkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Rabu sesaat setelah menerima penghargaan, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dari menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual dalam side event AMMW (Asean Ministerial Meeting on Women) ke-4 dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Ditjendikti dan Huawei Beri Bantuan WPS Office VIP Gratis Selama 2 Tahun, Begini Cara Menggunakannya

Jawa Tengah merupakan satu dari 13 Kementerian/Lembaga, 29 Pemerintah Provinsi dan 266 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan.

Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian /Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Menurut Dra Retno Sudewi, Apt, MSi, MM, Kepala Dinas P3A, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 memperoleh penghargaan APE tingkat Mentor selama 4 kali berturut-turut.

Mentor merupakan penghargaan tertinggi dalam APE yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Dari seluruh provinsi di Indonesia, hanya ada empat provinsi yang memperoleh APE tingkat Mentor yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY dan Sulawesi Selatan . Pengkategorian APE adalah adalah Mentor, Utama, Madya, Pratama.

Ditambahkan, di Jawa Tengah terdapat 1 Kabupaten yang memperoleh APE Kategori Mentor, 12 Kab/Kota Kategori Utama, 13 Kab/Kota Kategori Madya, dan 8 Kab/Kota Kategori Pratama.

Baca Juga: 40 Kata-Kata Bijak nan Lucu Meriahkan Hari Santri Nasional 2021, Cocok Jadi Caption Media Sosial

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Terkini

Sultan Tidak Akan Menunda Relokasi PKL Malioboro

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:15 WIB

Kamis, Ganti Untung Tanah Waduk Jlantah Warga Tlobo

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:24 WIB
X