• Selasa, 26 Oktober 2021

Disorot Jokowi, Polisi Langsung Grebek Kantor Pinjol Ilegal

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:16 WIB
Tim Ditreskrimsus Polda Metro menggerbek sebuah rumah kantor (rukan) terkait perusahaan yang bergerak di bidang Fintech berbasis Aplikasi Pinjaman Online Ilegal (Pinjol Ilegal). Praktik tersebut dinaungi oleh Perusahaan yang bernama PT. ITN (Foto.Dok.Net/Istimewa)
Tim Ditreskrimsus Polda Metro menggerbek sebuah rumah kantor (rukan) terkait perusahaan yang bergerak di bidang Fintech berbasis Aplikasi Pinjaman Online Ilegal (Pinjol Ilegal). Praktik tersebut dinaungi oleh Perusahaan yang bernama PT. ITN (Foto.Dok.Net/Istimewa)

SMOL.ID - Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk menindak tegas pinjol sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada saat membuka acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2021 pada Selasa (12/10/21).

Dalam salah satu isi pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa fintech peer to peer lending alias pinjol ternyata marak penipuan dan menerapkan bunga yang mencekik masyarakat.

”Tetapi pada saat yang sama saya juga memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya”, ujarnya.

Baca Juga: 3 Amalan Sunnah di Bulan Maulid Kamu Harus Tahu!

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo segera menindaklanjuti arahan Presiden untuk menindak tegas  pinjol-pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat. Kapolri menjelaskan bahwa Presiden memberikan perhatian khusus dengan kasus kejahatan pinjol ini.

"Kejahatan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus. Lakukan upaya pemberantasan dengan strategi preemtif, preventif, maupun represif," kata Sigit dalam memberikan pengarahan kepada Polda jajaran melalui video conference di Mabes Polri, (12/10/21).

Kantor Pinjol Digerebek Polisi

Kantor Pinjaman Online (Pinjol) digerebek pihak kepolisian di Kawasan Green Lake C1-7, Cipondoh Kota Tangerang pada Kamis, (14/10/21). Polisi menangkap puluhan karyawan di kantor pinjol tersebut

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan bahwa pihaknya melakukan penggerebekan satu perusahaan induk yang membawahi 13 anak perusahaan Pinjaman Online (pinjol) yang sebagian besar ilegal dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Terdapat 13 Aplikasi yang digunakan perusahaan tersebut, tiga diantaranya perusahaan legal dan 10 perusahaan lainnya ilegal,”ungkap Yusril pada Wartawan, Kamis.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Duka, Mensesneg Era SBY Sudi Silalahi Tutup Usia

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:48 WIB
X