• Senin, 24 Januari 2022

Sosialisasi Pemilihan Kades PAW, Peserta Ikuti Deklarasi Damai

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:05 WIB

SMOL.ID - Setelah sempat tertunda, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu (PAW) akan digelar di enam desa Kabupaten Pati, Sabtu (16/10/2021) mendatang.

Sedianya, PAW akan digelar pada Sabtu (3/7/2021) lalu. Namun terpaksa ditunda akibat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang berlaku ketika itu.

Adapun enam desa yang akan menggelar PAW ialah Desa Tanjang Kecamatan Gabus, Desa Bageng Kecamatan Gembong, Desa Tegalarum Kecamatan Margoyoso, Desa Pakis Kecamatan Tayu, serta Desa Margomulyo dan Bumirejo kecamatan Juwana.

Baca Juga: Over Prestasi, Bupati Ingatkan Masyarakat Rawat Hasil TMMD

Untuk diketahui, PAW digelar karena kepala desa yang menjabat sebelumnya berhenti/diberhentikan dengan sisa masa jabatan lebih dari satu tahun, baik karena meninggal dunia atau alasan lain.

Kamis (14/10/2021), Pemerintah Kabupaten Pati mengumpulkan panitia dan para calon kepala desa PAW di Pendopo Kabupaten Pati.

Tujuannya untuk memberikan sosialisasi teknis pelaksanaan, sekaligus meminta para calon menandatangani deklarasi damai.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, pelaksanaan PAW memang secara teknis berbeda dari Pilkades reguler.

PAW dilakukan secara musyawarah mufakat atau melalui pemungutan suara. Namun, jumlah pemilihnya lebih sedikit, tidak sama dengan Pilkades reguler. Pemilih hanyalah mereka yang punya hak suara dalam musyawarah desa (Musydes).

Meski demikian, ia tetap merasa perlu untuk mengumpulkan para calon kades PAW untuk melakukan deklarasi damai demi mencegah hal yang tidak diinginkan.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kader PDIP Karanganyar Tanam Pohon Petai

Minggu, 23 Januari 2022 | 20:04 WIB

Bahasa Jawa Kurang Mendapat Perhatian

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:40 WIB
X