• Rabu, 1 Desember 2021

Pameran UMKM ASN Karanganyar, Biar Hidup Tidak Monoton

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:33 WIB
Pameran UMKM ASN di halaman belakang kantor Setda Karanganyar.
Pameran UMKM ASN di halaman belakang kantor Setda Karanganyar.

SMOL.ID ASN (Aparat Sipil Nasional) nyambi menjadi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil Menengah)? Iya, kenapa tidak? Itulah yang dipamerkan di halaman Kantor setda, Jumat (15/10) pagi. Meja-meja dijajar dipakai untuk memamerkan hasil karya ASN Pemkab Karanganyar. ada kue kering, kue basah, roti, madu, keripik, cilok, dan lainnya.

‘’Ini memang khusus bagi ASN yang memiliki usaha. Semula hanya bisik-bisik saja, lama kelamaan muncul ide kenapa mereka tidak bikin pameran saja agar produk mereka dikenal, minimal kalangan ASN sendiri,’’ kata Sekda Sutarno usai membuka pameran UMKM di halaman Setda belakang.

Ternyata lumayan. Ada belasan ASN yang memiliki usaha. Ada yang dilakukan sendiri, ada yang istrinya, ada yang anaknya, semua dipamerkan. Dan dalam sekejap rekan-rekan mereka sesama ASN di Setda juga membeli dagangan itu sehingga ludes.

Baca Juga: Bareskrim Tangkap 10 Buronan Kejahatan Perdagangan Orang dan Penipuan Jasa Umrah

Dan tujuan Sekda Sutarno untuk mengenalkjan dan mempromosikan produk itu terlaksana. Ada beberapa ASN yang mulai berencana akan pesan untuk acara pengajian, atau ulang tahun anak, dan sebagainya.

Sutarno mengatakan, banyak aSN yang beralasan memiliki usaha UMKM untuk sampingan, menambah income, agar hidup tidak monoton karena tiap hari hanya melihat kertas, kertas dan kertas saja. sesekali melampiaskan hobi bikin kue.

‘’Toh yang penting tidak mengganggu pekerjaan, malah bisa untuk menghilangkan stress. Ternyata menghilangkan stress itu cukup berpaling ke kesibukan lain yang berbeda. Jadi bikin kue, nggoreng keripik, itu malah menghilangkan stress,’’ kata salah seorang ASN.

Dan yang hebat lagi, ada yang kemudian buka bakery seperti Kadis Perindag Sundoro Budi Karyanto yang membuka bakery dengan istrinya yang seorang jaksa. Bakery nya kini sukses menjadi langganan acara pemkab.

Baca Juga: Persika Karanganyar Kalah dari Persik Kendal Malah Bagus untuk Evaluasi

‘’Ya seperti itulah conyoh bagus. Asal ditekuni bisa saja usaha itu berkembang. Dan akhirnya kesibukan penghilang stress itu malah menguntungkan. Kalau bisa usaha ASN bisa seperti itu semua sehingga berkembang. Tentu hanya sebagai penghilang stress juga boleh,’’ kata Sutarno.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKD Undi Gebyar Hadiah PBB P2 Kabupaten Sukoharjo 2021

Selasa, 30 November 2021 | 10:06 WIB

Pemkot Surakarta Sosialisasikan PPKM Level 3

Senin, 29 November 2021 | 20:49 WIB

Tantangan MUI Bersikap Proporsional

Minggu, 28 November 2021 | 21:58 WIB
X