• Senin, 24 Januari 2022

Pengguna Internet Hati-hati Ketika Melakukan Transaksi Via Online

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:59 WIB
Suasana seminar virtual. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)
Suasana seminar virtual. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)

SMOL.ID - Pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo minta masyarakat khususnya para pengguna internet hati-hati ketika melakukan transaksi bisnis dan perdagangan online.

Sebab, menurut Hasyim Gautama dari Kemenkominfo, internet juga banyak memiliki kelemahan. Sehingga masyarakat jangan terkecoh, agar tidak mengalami kerugian dalam melakukan transaksi.

Berkaitan dengan itu, Hasyim Gautama mengingatkan kepada pengguna internet perlu memimalisasi risiko terutama saat melakukan transaksi bisnis dan perdagangan online, sebab internet juga banyak memiliki dampak negatif.

Baca Juga: Lisa BLACKPINK Garap Proyek Kolaborasi DJ Snake - Meghan Thee Stallion di Paris

Hasyim Gautama mengatakan itu pada Seminar IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang digelar secara virtual, Kamis (14/10). Turut bicara Sukamta, Anggota Komisi I DPR RI dari PKS Dapil Pemilihan Yogyakarta.

Lebih lanjut Hasyim Gautama mengatakan, bukan berarti tidak menggunakan internet, tetapi harus tahu dan paham. Internet ini positif. Jadi tergantung mau dibawa kemana kecanggihan itu.

Sebab, lanjut dia, di masa depan semua urusan dibawa ke internet menjadi lebih mudah dan cepat. Tapi di sisi lain ada risiko yang perlu diperhatian agar tidak salah dalam memanfaatkan barang canggih ini.

''Mungkin kita tidak sadar dengan risiko tadi,” ujar Hasyim seraya menyebutkan Kementerian Kominfo memfasilitasi pelatihan gratis penggunaan internet yang aman dan nyaman.

Berkaitan dengan itu, Sukamta sebagai anggota DPR RI yang turut dalam seminar itu minta pemerintah segera merampungkan Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Pemilu Ditetapkan 14 Februari 2024

Senin, 24 Januari 2022 | 16:25 WIB

6 Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid-19

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:44 WIB
X