• Selasa, 25 Januari 2022

Menag Resmikan Wisma Haji Maluku Utara, 26 Asrama Haji di Indonesia Jadi Tempat Isoter Covid-19

- Senin, 18 Oktober 2021 | 12:33 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin dan Wakil Gubernur Maluku Utara, M Al Yasin Ali meresmikan Gedung Wisma Haji Maluku Utara, Sabtu (16/10).
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin dan Wakil Gubernur Maluku Utara, M Al Yasin Ali meresmikan Gedung Wisma Haji Maluku Utara, Sabtu (16/10).


SMOL.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, asrama haji dituntut memiliki peran sosial dan ekonomi. Setidaknya 26 asrama haji di Indonesia ikut serta dan dalam penanggulangan Covid-19.  Menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 dan ini sudah dilakukan sejak tahun lalu.

‘’Tersedia lebih dari 3.300 kamar yang dapat menampung sekitar 10.000 pasien. Program ini buah kerja sama yang dibangun antara Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, Satgas Covid-19, serta TNI/Polri,’’ kata Gus Yaqut ketika meresmikan asrama haji dan pembinaan ASN Kemenag Provinsi Maluku Utara, Sabtu (16/10).

Kakanwil Kemenag Maluku Utara, Sarbin Sehe mengatakan Gedung Mina yang diresmikan Menag terdiri dari lima lantai. Gedung itu dilengkapi 48 kamar dan 5 kamar VIP. Gedung baru itu dapat menampung 153 jamaah haji. Pembangunan gedung ini dibiayai dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Baca Juga: Munas PPP di Semarang, Sekjen PP: Ajang Silaturahmi dan Membahas Problem Terkini Negeri Ini

Wakil Gubernur Maluku Utara, M Al Yasin Ali menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menag Yaqut Cholil Qoumas di Maluku Utara. Ini menjadi motivasi bagi pemerintahan untuk dapat membangun Maluku Utara yang lebih baik.

“Gedung mewah di Sofifi, misalnya sudah tampak, seperti adanya gedung Kakanwil Kemenag di sana. Pembangunan gedung-gedung pendidikan juga berdiri, di tengah Pandemi Covid-19, semua berjalan lancar,“ kata Al Yasin Ali.

Selain itu, lanjut Al Yasin Ali dengan hadirnya gedung yang baru, Maluku Utara lebih siap lagi ke depan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggaraan haji.

“Fasilitas yang dimiliki Kemenag saat ini, bisa dapat menampung jamaah haji. Namun begitu tingginya minat masyarakat untuk berhaji, gedung dan fasilitas masih terus dibutuhkan. Kiranya, gedung ini lebih bermanfaat, dikelola dengan baik sebagai sarana utama untuk melayani jamaah haji yang lebih baik,“  kata M Al Yasin Ali.

Peresmian Gedung Zam-zam Asrama Haji Transit Ternate ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menag. Sementara peresmian gedung Asrama MAN IC Halmahera Barat dan Laboratorium ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Terkini

Resmi! Pemilu Ditetapkan 14 Februari 2024

Senin, 24 Januari 2022 | 16:25 WIB

6 Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid-19

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:44 WIB
X