• Senin, 24 Januari 2022

Polda Jateng Ringkus 2 Pembobol ATM Modus Skimming

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:01 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menunjukkan barang bukti hasil pengungkapan ditkrimsus di Semarang, Selasa (19/10/2021). ( ANTARA/ I.C.Senjaya)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menunjukkan barang bukti hasil pengungkapan ditkrimsus di Semarang, Selasa (19/10/2021). ( ANTARA/ I.C.Senjaya)

SMOL.ID - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) meringkus dua pelaku pencurian dengan modus "skimming" kartu ATM. Akibat perbuatan dua pelaku itu, total kerugian dialamai para korban total Rp202 juta.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan dua yang diringkus itu berinisial AS, 38 dan AIS 46, warga Kota Malang, Jawa Timur. Keduanya berperan sebagai pemilik rekening penampung uang hasil curian.

Menurut dia, pengungkapan tindak pidana tersebut bermula ketika Bank BRI menerima laporan dari 35 nasabah yang uang di rekeningnya berkurang.

Baca Juga: Update Transaksi Forex Bodong, Bos Mark AI Tertangkap Kamera Hotel di Bandara Soeta

Para nasabah tersebut, kata dia, diketahui pernah melakukan transaksi di sebuah mesin ATM di wilayah Slawi, Kabupaten Tegal.

"Dari penelusuran rekaman CCTV di mesin ATM yang dimaksud diketahui ada pemasangan alat skimming oleh dua orang yang tidak diketahui identitasnya," katanya di Semarang, Selasa, 19 Oktober 2021.

Berdasarkan penelusuran, diketahui aliran uang kepada kedua tersangka yang diketahui telah membuka rekening BRI yang diduga digunakan sebagai tempat penampungan.

Sindikat skimming kartu ATM tersebut, diduga dikendalikan oleh seorang warga negara asing yang saat ini sudah ditahan di Bali.

Baca Juga: Anggota DPR Desak Polri Transparan Usut Dugaan Asusila Kapolsek Parimo terhadap Anak Tahanan

Ia menuturkan total kerugian 35 nasabah yang dibobol rekeningnya tersebut mencapai Rp202 juta

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Artikel Terkait

Terkini

Perjanjian Perkawinan Itu Penting, Mengapa?

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:25 WIB
X