• Kamis, 27 Januari 2022

Jusuf Kalla Akui Sebagian Besar Masjid di Indonesia Suaranya Jelek, Suaranya Malah Membisingkan Telinga

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:45 WIB
Ilustrasi masjid (pixabay/Makalu)
Ilustrasi masjid (pixabay/Makalu)

SMOL.IDJusuf Kalla (JK), Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, menyebut sebagian besar suara speaker masjid di Indonesia memiliki kualitas suara jelek.

Ia menyebut, meski suara masjid bisa didengar, tapi sulit dimengerti.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla dalam ceramah Tablig Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Istiqlal yang disiarkan di YouTube Masjid Istiqlal TV, Selasa, 19 Oktober 2021.

Jusuf Kalla mengaku dalam beberapa terakhir mengunjungi beberapa masjid di Semarang dan Masjid Raya di Bandung untuk melihat apa yang apa yang terjadi di masjidmasjid besar tersebut.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan: Kemungkinan Gelombang Ketiga Covid-19 Terjadi pada Natal dan Tahun Baru

“Ada hal yang paling bersamaan ialah kalau orang bicara ada khotibnya bisa mendengar, cuma tidak mengerti. Sistem yang semuanya keliru, didengar, malah membisingkan telinga, dua-duanya,” ujar JK.

Padahal menurut JK, Dewan Masjid Indonesia sudah melakukan perbaikan speaker masjid selama 10 tahun.

"Padahal kita dewan masjid sejak 10 tahun sudah mempunyai program untuk perbaikan sound system masjid. 75 persen masjid di Indonesia jelek suaranya, didengar tidak mengerti, sedangkan waktu kita di masjid itu 80 persen mendengarkan, 20 persen ibadah atau salat," ujar JK.

Mantan wakil presiden tersebut mengingatkan Dewan Masjid Indonesia untuk mengurus teknis masjid, kemajuan masjid dan yang mengisi adalah para ulama. ***

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X