• Minggu, 23 Januari 2022

Meski di Balik Teralis Besi, Narapidana Lapas Semarang Berkreasi Bentuk Band

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:10 WIB

SMOL.ID - Fasilitasi narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk bermain musik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang bentuk grup band yang dinamakan dengan Alpasis Band.

Kepala Lapas Supriyanto mengatakan bahwa Alpasis Band ini merupakan sebuah singkatan dari Anak Lapas Berprestasi yang terbentuk sejak setahun lalu. Tujuannya adalah untuk mengasah bakat serta menyalurkan minat dan hobi WBP, khususnya dalam bermusik dan tarik suara.

"Ini merupakan salah satu wujud pembinaan dan rekreasional bagi WBP sehingga mereka dapat berkarya sambil berekspresi," terang Supriyanto.

Baca Juga: 18 Kata Motivasi dari Tokoh Tetkenal untuk Para Pemuda dalam Rangka Menyambut Hari Sumpah Pemuda 2021

"Selain itu juga untuk menggerakkan dan mengarahkan warga binaan untuk selalu berkarya. Meskipun di balik teralis besi dengan kondisi terbatas, kreativitas tetap tanpa batas," tambahnya.

Munurut Supriyanto, terbentuknya band itu berawal dari ide para narapidana yang sebelum tersandung kasus hukum mereka background nya adalah pemain musik. Sehingga kemudian kreativitas itu disalurkan dengan membentuk grup band.

"Ketika mereka di luar sudah biasa bermusik, karena di dalam lapas itu bukan berarti mereka harus kehilangan kreativitasnya maka terbentuk band ini dengan anggota 15 personel dan latihan seminggu tiga kali," lanjut Supriyanto.

Alpasis Band sering ditampilkan. Beberapa waktu lalu pada acara Penyerahan Remisi Umum, kita tampilkan Alpasis Band yang disaksikan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan pejabat tinggi lainnya. Atau di acara-acara khusus Lapas mereka juga sering menghibur teman-temannya.

Pihak Lapas selalu memberikan ruang kepada napi untuk menyalurkan kreativitasnya, juga menjaga hak mereka walau berstatus sebagai narapidana.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perjanjian Perkawinan Itu Penting, Mengapa?

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:25 WIB
X