• Rabu, 1 Desember 2021

Begawan Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita Menjelang 95 Tahun, Tak Lelah Berkarya untuk Perkebunan

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:56 WIB

SMOL.ID - Begawan Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita menjelang berusia 95 tahun pada 26 November 2021 ini. Namun usia lanjut tak menyurutkannya untuk terus berkarya bagi dunia perkebunan.

Terakhir, Soedjai selaku Ketua Dewan Direksi Museum Perkebunan Indonesia menjadi pembicara dalam heritage webinar bertajuk "The Golden Era of the Plantation Industry on the East Coast of Sumatra and Their Legacies" pada tanggal 20 Oktober 2021 lalu.

Jika dirunut jejak Soedjai memang sangat panjang di dunia perkebunan Indonesia. Di antaranya menjadi pionir konsep plasma, yang menjadikannya begawan dan tempat belajar bagi para yuniornya di bidang perkebunan.

Baca Juga: Gempa Swarm Ambarawa Bisa Berlangsung Lama, Ahli Gempa BMKG: Cek Kualitas Struktur Bangunan Warga

Ia memelopori pengembangan beberapa komoditi perkebunan serta pengembangan proyek- proyek PIR (Perkebunan Inti Rakyat) di berbagai kawasan Indonesia.

Di antaranya proyek PIR Kelapa Sawit di Sumatera Barat (sekarang propinsi Jambi) yang dipelopori oleh Gubernur Sumatera Barat Azwar Anas. Proyek itu kemudian menjadi masterpiece Soedjai berkat kerjasama yang baik dengan Pemerintah Jerman.

Kapabilitas Soedjai di bidang perkebunan tentu saja mengundang kepercayaan berbagai pihak kepadanya.

Sebagai contoh, kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh Presiden Soeharto pada tanggal 28 Februari 1982 malam di Cendana untuk merehabilitasi 42 pabrik gula dan membangun 16 pabrik gula baru di berbagai lokasi. "Padahal saya bukan lulusan Fakultas Teknik Mesin ITB", tuturnya.

Dalam minggu itu juga dia diajak Prof. Dr. B.J. Habibie untuk bersama Menteri Pertanian, Prof. Sudarsono Hadisaputro, berkunjung ke beberapa pabrik gula di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan menggunakan helikopter dan kemudian menginap di Wisma P. G. Jatiroto.

Setelah itu Soedjai menemui Prof. Widjojo Nitisastro di kantornya di Bappenas untuk menanyakan sumber pendanaan untuk proyek-proyek gula tadi.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Santri Harus Kuasai IPTEK Dan Cinta Tanah Air

Selasa, 30 November 2021 | 11:23 WIB
X