• Minggu, 28 November 2021

Upaya Tingkatkan Literasi Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Datangkan Perpustakaan Keliling

- Kamis, 18 November 2021 | 15:18 WIB
Upaya Tingkatkan Literasi Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Datangkan Perpustakaan Keliling
Upaya Tingkatkan Literasi Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Datangkan Perpustakaan Keliling

SMOL.ID - Kelompok 111 Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (KKN RDR) Angkatan 77 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang datangkan perpustakaan keliling daerah.

Perpustakaan keliling ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Asror, Patemon, Gunungpati, Semarang pada Senin, 8 November 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dunia literasi bagi anak-anak.

Karena sadar akan urgensi literasi sejak dini, mahasiswa KKN UIN Walisongo datangkan perpustakaan keliling daerah Kota Semarang guna memperkenalkan literasi lebih dalam dan menumbuhkan semangat anak-anak dalam dunia literasi.

Baca Juga: Optimalisasi PTM, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Bimbingan Belajar

“Perpustakaan keliling itu sangat bagus untuk anak-anak di Ponpes Al-Asror, dengan perpustakaan itu bisa menambah semangat membaca sekaligus menambah wawasan bagi mereka karena pada dasarnya kunci dari semua itu adalah membaca. Terus kita kan juga tau kalau Rasulullah pertama kali menjadi rasul hal yang pertama kali di pelajari ialah iqro’ yaitu bacalah, maknanya kalau kita ingin mengetahui segalanya maka diawali dengan bacalah,” ungkap Larissa salah satu anggota KKN RDR.

Kegiatan ini direspon baik oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang. Selain mendatangkan perpustakaan keliling, pihak perpustakaan juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mulai dari membacakan dongeng kepada anak-anak.

Mereka juga memberikan souvenir untuk menambah semangat bagi anak-anak mengenal dunia literasi dan disambut secara langsung oleh KH Al-Mamnuhin Kholid selaku pengasuh ponpes Al-Asror.

“Perpustakaan ini sangat bagus dikarenakan menambah edukasi dan semangat membaca bagi anak-anak,” ungkap salah satu ustadzah di ponpes tersebut.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan anak-anak tentang pentingnya literasi, serta dapat mendorong anak-anak untuk lebih semangat dalam membaca, menulis, dan belajar.

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lely Purwandari: Anak Harus Memulihkan Diri Sendiri

Senin, 22 November 2021 | 18:56 WIB

Kota Semarang Tekan Angka Kematian Ibu dan Stunting

Senin, 22 November 2021 | 18:51 WIB

Menyongsong Satu Abad NU Lakpesdam Gelar Raker

Minggu, 21 November 2021 | 19:12 WIB

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 18:53 WIB

Jelang Nataru, Semarang Siap Terapkan PPKM Level 3

Sabtu, 20 November 2021 | 10:47 WIB
X