• Minggu, 23 Januari 2022

Tingkatkan Sistem Imun, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Produksi Si Jamer Bersama PKK Desa Mojo

- Kamis, 18 November 2021 | 20:50 WIB
Tingkatkan Sistem Imun, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Produksi Sirup Jahe Merah (Si Jamer) Bersama PKK Desa Mojo (Freepik)
Tingkatkan Sistem Imun, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Produksi Sirup Jahe Merah (Si Jamer) Bersama PKK Desa Mojo (Freepik)

SMOL.ID - Indonesia merupakan negara yang identik dengan rempah-rempah. Banyak sekali macam rempah yang terdapat di negara ini, salah satunya adalah Jahe Merah (Jamer).

Jahe Merah diklaim memiliki banyak manfaat bagi sistem imun yang berperan penting dalam kesehatan tubuh, diantaranya kesehatan sistem pencernaan, sistem pernapasan hingga keperluan diet sehat.

Dengan adanya pernyataan tersebut, mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengajak ibu-ibu PKK Desa Mojo untuk membuat sirup Jahe Merah (Si Jamer) bersama.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Digital Marketing Industri Rumahan Di Desa Mojo

Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 16 November 2021 yang bertempat di Balai Desa Mojo. Pelatihan membuat sirup Jahe Merah berlangsung pada pukul 09.00-11.00 WIB, dan di ikuti oleh 20 peserta.

Rangkaian kegiatan pada pelatihan ini diawali dengan sambutan dari kepala desa Mojo dan ketua PKK. Setelah itu dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan sirup Jahe Merah (Si Jamer) oleh perwakilan anggota KKN UIN Walisongo.

Selain demonstrasi, juga diselingi dengan sosialisasi manfaat dan kegunaan dari setiap bahan yang digunakan untuk sirup jahe.

Baca Juga: Upaya Tingkatkan Literasi Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Datangkan Perpustakaan Keliling

"Pada masa Covid-19 penting untuk menjaga kesehatan terutama sistem imun, diadakannya pelatihan pembuatan sirup Jahe Merah dapat memberi contoh untuk diterapkan di kehidupan sehingga selalu bisa menjaga kesehatan." Ucap Inti Purwanti selaku ketua PKK.

"Anggota KKN memiliki ide-ide kreatif untuk mensukseskan program pengabdian di desa, dan salah satunya yaitu melakukan pelatihan pembuatan sirup Jahe Merah yang bekerjasama dengan ibu-ibu PKK." Timbal Anik Umiyatun selaku Kepala Desa Mojo.

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salam Pancasila Sebagai Salam Kebangsaan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:16 WIB

Jokowi Soroti Kasus Investasi Bodong Makin Marak

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:50 WIB
X