• Minggu, 28 November 2021

Lely Purwandari: Anak Harus Memulihkan Diri Sendiri

- Senin, 22 November 2021 | 18:56 WIB
Peserta FGD bergambar bersama selesai acara (hm)
Peserta FGD bergambar bersama selesai acara (hm)

SMOL.ID - Lely Purwandari dari DPRD Komisi D Kota Semarang memberikan apresiasi kepada Dinsos Kota Semarang yang memperingati Hari Anak Dunia dengan kegiatan strategis sebagai upaya untuk mengatasi situasi anak saat ini.

”Anak-anak yang terpapar harus berupaya keras untuk memulihkan diri sendiri dan menjaga lingkungannya agar tidak terpapar. Pengaruh media juga memberikan kontribusi yang cukup besar, berita-berita buruk yang terus- menerus mempengaruhi psikis dan menjadikan anak-anak cemas.” kata Lely sebagai narasumber dalam Fokus Grup Diskusi (FGD ) memperingati Hari Anak Dunia, Minggu (21 Nov) di Hotel Gracia.

Ditambahkan, rasa bosan, kecemasan, terbatasnya ruang gerak menjadikan anak mencari alternatif solusi untuk mengatasinya.

Baca Juga: Jateng Gayeng Bocahe Seneng, Anak Ambil Alih Posisi Gubernur, Bupati/Walikota

“Tidak jarang memunculkan perilaku negatif yang juga berdampak pada performa belajar dan kesehatan anak baik fisik maupun psikis. Mereka akhirnya menjadi korban kekerasan dan perlakukan salah lainnya,” kata Lely,

Intervensi Program
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Drs. Muthohar,MM mengatakan, rehabilitasi anak-anak rentan akan menjadi fokus utama dalam program dan kegiatan di tahun 2022.. “Menjadi dasar dalam perencanaan dan acuan intervensi proses rehabilitasi.”

Ditambahkan, FGD untuk mengetahui permasalahan psikososial anak yang mereka rasakan dan mengidentifikasi perubahan perilaku akibat pandemi Covid 19.

Kegiatan tahun ini bukan berupa charity atau kampanye publik tetapi lebih ke arah mendalami lebih jauh situasi anak atas keprihatinan situasi anak-anak saat ini, tandasnya.

Tsaniatus Solihah,S.E Direktur Yayasan Anantaka sebagai fasilitator dalam FGD menyatakan banyak sekali permasalahan psikososial anak yang dirasakan akibat pandemi Covid 19.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lely Purwandari: Anak Harus Memulihkan Diri Sendiri

Senin, 22 November 2021 | 18:56 WIB

Kota Semarang Tekan Angka Kematian Ibu dan Stunting

Senin, 22 November 2021 | 18:51 WIB

Menyongsong Satu Abad NU Lakpesdam Gelar Raker

Minggu, 21 November 2021 | 19:12 WIB

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 18:53 WIB

Jelang Nataru, Semarang Siap Terapkan PPKM Level 3

Sabtu, 20 November 2021 | 10:47 WIB
X