• Minggu, 28 November 2021

Sosialisasi Anti Kekerasan, Menjadi Laki-laki yang Lebih Manusiawi

- Rabu, 24 November 2021 | 09:46 WIB
Peserta sosialisasi bergambar bersama sebelum penutupan (hm)
Peserta sosialisasi bergambar bersama sebelum penutupan (hm)

SMOL.ID – Perlu partisipasi laki-laki dalam perlindungan perempuan dan anak. Laki-laki dapat berbagi beban dan tanggung jawab dengan perempuan “Menjadi laki-laki yang lebih manusiawi".

Menjadi diri sendiri seperti yang diinginkan, akan lebih merasa bahagia, sehat, memiliki usia harapan hidup lebih lama, memiliki kedekatan emosional dan hubungan yang lebih dalam serta bermakna dengan orang yang disayang.

Demikian dikatakan oleh Nur Hasyim dari Aliansi Laki-laki Baru dalam acara Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Senin (22 Nov) di Hotel Whizt.

Baca Juga: Lely Purwandari: Anak Harus Memulihkan Diri Sendiri

Acara yang berlangsung pada 22-23 Nov, diikuti oleh 50 Lembaga Perwakilan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan 50 Ketua RW kesemuanya laki-laki, perwakilan dari 16 Kecamatan di Semarang.

Nur Hasyim yang dosen FISIP UIN Walisongo menambahkan, laki-laki sebagai suami, ayah, perlu literasi emosi, mempraktikkan komunikasi positip, belajar dan praktik tentang persetujuan, terlibat dalam pengasuhan anak, dan berbagi peran, tanggung jawab domestik dan publik.

Untuk itu perlu adanya penataan ulang dan pembagian kekuasaan dalam keluarga, mempromosikan kepemimpinan perempuan, mempromosikan kesetaraan, keadilan , anti kekerasan dalam bentuk norma sosial baru, serta aktif kebijakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Persoalan Serius

Narasumber Tsaniatus Solihah SE mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dan anak masih menjadi persoalan serius yang harus kita perhatikan.

Baik kekerasan fisik, psikis, seksual, dan penelantaran. Kekerasan itu terjadi mulai dari lingkungan keluarga, sekolah atau di tempat umum.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lely Purwandari: Anak Harus Memulihkan Diri Sendiri

Senin, 22 November 2021 | 18:56 WIB

Kota Semarang Tekan Angka Kematian Ibu dan Stunting

Senin, 22 November 2021 | 18:51 WIB

Menyongsong Satu Abad NU Lakpesdam Gelar Raker

Minggu, 21 November 2021 | 19:12 WIB

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 18:53 WIB

Jelang Nataru, Semarang Siap Terapkan PPKM Level 3

Sabtu, 20 November 2021 | 10:47 WIB
X