• Minggu, 28 November 2021

Indonesia Bakal Jadi Tuan Rumah Event Besar Dunia, Kapolri Minta Jajarannya Antisipasi Covid-19 saat Nataru

- Kamis, 25 November 2021 | 11:09 WIB
Kapolri Minta Kapolres Seluruh Indonesia Pantau Pemudik Saat Nataru, Cegah Lonjakan Covid-19 (Foto Antara)
Kapolri Minta Kapolres Seluruh Indonesia Pantau Pemudik Saat Nataru, Cegah Lonjakan Covid-19 (Foto Antara)

SMOL.ID - Libur Natal dan Tahu Baru (Nataru) dikhawatirkan menjadi pemicu lonjakan kasus Covid-19.  Padahal, Indonesia bakal jadi tuan rumah event besar Internasional dalam waktu dekat ini.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun meminta jajarannya terdiri Kapolres  seluruh Indonesia bisa menjamin pengamanan dan antisipasi lonjakan Covid-19 saat libur Nataru.

Melalui video conference (vicon), Kapolri mengatakan, seluruh jajaran kepolisian harus melakukan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, serta fokus pencegahan lonjakan Covid-19.

Baca Juga: Kapolres Semarang Larang Warga Pesta Kembang Api saat Perayaan Nataru

Menurutnya, saat ini pemerintah telah menetapkan PPKM level 3 untuk mengantisipasi adanya pertumbuhan angka kasus Covid-19, termasuk varian baru AY.4.2 yang muncul saat libur Nataru.

"Lakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada saat sebelum dan setelah operasi lilin guna mengimplementasikan kebijakan tersebut," kata Kapolri, Kamis, 25 November 2021.

Bentuk antisipasi yang bisa dilakukan yaitu:

1. Penguatan Posko PPKM Mikro. Jika memang ada masyarakat yang nekat untuk pulang kampung atau mudik, maka warga harus wajib melapor melalui Posko PPKM Mikro di wilayah itu. 

2.  TNI-Polri dan "stakeholders" terkait harus memperkuat sinergitas dalam memberikan sosialisasi, edukasi terhadap masyarakat, serta penanganan dan pengendalian Covid-19, dengan cara memasang banner, spanduk, baliho yang berisi imbauan kepada pemudik terkait prokes, kewajiban isoman dan standar isoman yang baik. 

Baca Juga: Jelang Nataru, Semarang Siap Terapkan PPKM Level 3

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapal Motor Terbakar di Pelabuhan Sunda Kelapa Ancol

Sabtu, 27 November 2021 | 19:09 WIB
X