• Minggu, 23 Januari 2022

Arab Saudi Cabut Aturan Penangguhan Perjalanan Internasional dan Tak Wajibkan Vaksin Booster

- Jumat, 26 November 2021 | 17:55 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil  (Foto Antara)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil (Foto Antara)

SMOL.ID - Kabar gembira datang dari Kementerian Agama (Kemenag). Pemerintah Arab Saudi telah mencabut aturan penangguhan perjalanan internasional bagi sejumlah negara termasuk Indonesia. Selain itu, Arab Saudi juga tidak mewajibkan vaksin penguat (booster).

Dengan demikian, warga negara Indonesia (WNI) bisa masuk ke Tanah Suci tanpa harus mendapatkan vaksin penguat atau booster lebih dahulu.

"Tidak lagi ada persyaratan booster, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes)," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Jumat, 26 November 2021.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Jamaah Umrah Pakai Sinovac Tapi Sebagai Booster

Otoritas Arab Saudi sebelumnya hanya mengakui vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson (J&J) sebagai syarat agar bisa masuk ke Tanah Suci.

Sementara bagi negara-negara yang memakai vaksin Sinovac dan Sinopharm diwajibkan mendapat satu dosis suntikan tambahan atau booster dari empat vaksin yang diakui Pemerintah Arab Saudi tersebut.

Kini aturan wajib vaksin booster telah dicabut, hanya saja warga negara asing atau jamaah umrah harus menjalani karantina selama lima hari setibanya di Tanah Suci.


"Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama," pesan Menag.

Baca Juga: Arab Saudi Belum Buka Umrah untuk Jamaah Indonesia

Sebelumnya, otoritas penerbangan Arab Saudi telah memperbarui aturan penerbangan internasionalnya. Terhitung 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju ke Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salam Pancasila Sebagai Salam Kebangsaan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:16 WIB

Jokowi Soroti Kasus Investasi Bodong Makin Marak

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:50 WIB
X